KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PLERED

Azmi Fauziyyah, (2024) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PLERED. Bachelor thesis, S1 - Tadris Bahasa Indonesia.

[img] Text
2008110054_1_cover.pdf

Download (917kB)
[img] Text
2008110054_2_bab1.pdf

Download (187kB)
[img] Text
2008110054_6_bab5.pdf

Download (91kB)
[img] Text
2008110054_7_dafpus.pdf

Download (241kB)

Abstract

Berdasarkan observasi di SMP Negeri 1 Plered yang telah dilakukan pada tanggal 6 Mei 2024-17 Mei 2024 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan media gambar pada keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Plered, sebanyak 2 kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental dan pretest-posttest control group design. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Plered. Sementara sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A dan VII D, pengambilan sempel menggunakan teknik random sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa media gambar berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar menulis teks deskripsi kelas VII SMP Negeri 1 Plered. Media gambar lebih efektif digunakan dalam proses pembelajaran dilihat dari rata rata hasil belajar menulis teks deskripsi pada kelas eksperimen dengan menggunakan media gambar adalah 77,17. Sedangkan hasil belajar menulis teks deskripsi pada kelas kontrol menggunakan media mind mapping adalah 72,5. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pretest dan posttest pada kelas eksperimen diperoleh besaran t-hitung adalah 3.707 dan t-tabel sebesar 2.048. Dari perhitungan tersebut ditemukan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (t-h > t-t) pada taraf signifikan 5% karena (3.707>2.048). Maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak, artinya bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan media gambar efektif, begitu juga dengan kelas yang diajarkan menggunakan media gambar memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan kelas yang tidak menggunakan media gambar. Simpulan tersebut didapat berdasarkan hasil mean pada posttest kelas eksperimen berada di angka 77,7 sedangkan hasil belajar posttest kelas kontrol adalah 72,5. Hasil tersebut dapat dikatakan efektif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 18 Mar 2025 07:22
Last Modified: 18 Mar 2025 07:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15073

Actions (login required)

View Item View Item