MUHAMMAD ALI, (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK KERJA SAMA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP PGRI BABAKAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu pengetahuan Sosial.
![]() |
Text
2008104034_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2008104034_2_bab1.pdf Download (507kB) |
![]() |
Text
2008104034_6_bab5.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
2008104034_7_dafpus.pdf Download (483kB) |
Abstract
Dalam era sekarang ini, pendidikan bukan hanya sekedar terpaku dalam factor intelektual yang dimiliki sesorang saat menjalani atau menempuh pendidikan tetapi juga mesti diintegrasikan oleh faktor lain seperti halnya prilaku atau karakter. Namun pada kenyataanya permasalahan yang dihadapi siswa dan guru yakni point utamanya adalah kurangnya toleransi didalam pembelajaran, kurangnya rasa empati, saling membantu dan kerjasama didalam pembelajaran. Hal ini dapat memengaruhi proses pembelajaran, baik dari segi dinamika kelas maupun hasil pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan : 1) pendidikan karakter di SMP PGRI Babakan, 2) sikap kerja sama siswa SMP PGRI Babakan, 3) Implementasi pendidikan karakter dalam membentuk kerja sama siswa melalui pembelajaran IPS. Penelitian ini mempunyai titik tertentu dari kerangka berpikir bahwa melalui Pendidikan karakter itu sendiri adalah sebuah solusi dalam membentuk kerja sama siswa, terutama melalui pembelajaran IPS yang mempelajari nilai-nilai yang baik dan bermanfaat bagi siswa. Hal ini menjadi solusi dari perwujudan Pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran dengan mengharap hasil yang lebih baik lagi khususnya dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara bertahap, dimulai dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa temuan penting antara lain : 1) pendidikan karakter di SMP PGRI Babakan mencakup nilai kejujuran dalam perkataan, saling menghargai, toleransi antara siswa dan guru dalam pembelajaran, serta kerja sama siswa yang dilaksanakan melalui berbagai kegiatan sekolah. Secara keseluruhan, pembentukan karakter di sekolah ini dapat dikatakan berjalan dengan baik, 2) sikap kerja sama siswa di SMP PGRI Babakan didorong oleh peran guru dan pihak sekolah untuk menumbuhkan nilai saling menghargai dan membantu antar siswa. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi turut mendukung pengembangan kemampuan kerja sama yang didasari oleh toleransi dan penghargaan terhadap keragaman. Pendekatan ini mencakup kegiatan diskusi kelompok, di mana siswa dengan latar belakang berbeda dapat berkolaborasi dan memperkuat sikap toleransi, 3) implementasi pendidikan karakter dalam membentuk kerja sama siswa melalui pembelajaran IPS terlihat menjadi prioritas di sekolah ini, yang menunjukkan perhatian besar terhadap pendidikan karakter sebagai bagian integral dari proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 04:21 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 04:21 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15164 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |