Galang Prayoga, (2024) PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN IPS BERBANTUAN GAME BERBASIS WEB BROWSER DI SMP NEGERI 1 PANCALANG KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu pengetahuan Sosial.
![]() |
Text
2008104044_1_cover.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
2008104044_2_bab1.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
2008104044_6_bab5.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
2008104044_7_dafpus.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pentingnya mengembangkan metode evaluasi pembelajaran yang inovatif, terutama untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 1 Pancalang. Pemahaman siswa tentang sejarah, budaya, dan perkembangan manusia sangat dipengaruhi oleh pendidikan IPS. Penggunaan game berbasis web browser dianggap sebagai cara untuk meningkatkan motivasi siswa dan meningkatkan pemahaman mereka tentang materi pembelajaran seiring dengan kemajuan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat alat evaluasi pembelajaran IPS yang dapat digunakan oleh siswa SMP. Diharapkan bahwa alat ini akan meningkatkan efektivitas pembelajaran dan menawarkan metode evaluasi alternatif yang lebih menarik dan interaktif daripada metode evaluasi konvensional. Teori tentang penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pendidikan didasarkan pada dasar penelitian ini. Teori bahwa game dengan interaktivitas dan visualisasi mereka dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan membantu mereka memahami materi secara lebih mendalam adalah dasar dari penggunaan game dalam pembelajaran. Selain itu, penelitian ini menyelidiki bagaimana game dapat digunakan untuk mengevaluasi pembelajaran dan mencapai hasil belajar yang lebih baik.. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Tahapan penelitian ini mencakup analisis kebutuhan, desain, pengembangan, dan uji coba produk. Uji coba dilakukan pada siswa SMP Negeri 1 Pancalang untuk menilai validitas dan efektivitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media evaluasi pembelajaran berbasis game web browser ini meningkatkan keinginan siswa untuk belajar dan membuat materi IPS lebih mudah dipahami. Selain itu, setelah divalidasi oleh ahli materi dan media, produk ini dianggap layak digunakan dalam konteks pendidikan formal, khususnya dalam mata pelajaran IPS. Media ini diharapkan dapat menjadi alternatif kreatif untuk metode evaluasi pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 04:30 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 04:30 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15167 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |