PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

FATONAH, (2024) PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. Bachelor thesis, s1 - Tadris Matematika.

[img] Text
1808105106_1_cover.pdf

Download (521kB)
[img] Text
1808105106_2_bab1.pdf

Download (263kB)
[img] Text
1808105106_6_bab5.pdf

Download (46kB)
[img] Text
1808105106_7_dafpus.pdf

Download (52kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan model pembelajaran probing prompting dan mengetahui respon siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa di MTs Al-Wathaniyah. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain posttest only control group design. Instumen yang digunakan berupa tes dan angket respon siswa. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII A terdiri dari 26 siswa dan kelas VII B terdiri dari 26 siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Dimana kelas eksperimen I diberi penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas eksperimen II diberi penerapan model pembelajaran probing prompting. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang diberi penerapan model pembelajaran probing prompting memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih baik dibanding dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Hasil respon siswa pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 83% (Baik) dan model probing prompting sebesar 87% (Baik).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 25 Mar 2025 03:07
Last Modified: 25 Mar 2025 03:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15194

Actions (login required)

View Item View Item