Novi Nureni Fajri, (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS 4 MI ISLAMIYAH KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
![]() |
Text
2008107006_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2008107006_2_bab1.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
2008107006_6_bab5.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
2008107006_7_dafpus.pdf Download (226kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada fakta siswa kurang percaya diri ketika mengerjakan tugas dalam kelompok atau individu. Peneliti percaya bahwa kemampuan siswa untuk memecahkan masalah yang buruk pasti akan berdampak pada kemampuan berfikir kreatif mereka, yang juga akan menurun. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe number heads together (NHT). Model pembelajaran kooperatif tipe number heads together (NHT) adalah salah satu model pembelajaran yang memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa. Model ini memungkinkan kelas menjadi lebih aktif karena setiap siswa diharapkan untuk maju dari nomor yang telah mereka peroleh masing-masing untuk berbagi pendapat dan memberi pendapat, yang memberi mereka lebih banyak tanggung jawab dan meningkatkan partisipasi mereka dalam proses pembelajaran. Karena guru dapat mengubungi nomor kapan saja. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT). (2) mengetahui Kemampuan berfikir kreatif siswa (3) mengetahui pengaruh Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap Kemampuan berfikir kreatif siswa. (4) mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest-posttest), obeservasi dan angket. Sampel yang digunakan yaitu 29 siswa kelas eksperimen. Data yang diolah menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran numbered heads together (NHT) skor 100% kategori baik observasi guru dan 100% kategori baik aktifitas siswa. Presentase ketuntasan kelas eksperimen pretest 8,6% posttest 80,8%, kelas kontrol pretest 16,12% posttest 80,64%. Hasil angket siswa untuk pembelajaran numbered heads together (NHT) sebesar 71,2% kategori kuat berada diantara 61-80. Nilai Asymp. Sig. (2- tailed) uji hipotesis sebesar 0,000 ˂ 0,05. Kelas eksperimen skor 0,73 kategori tinggi dan kelas kontrol skor 0,51 kategori sedang dalam uji N-Gain.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 06:46 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 06:47 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15219 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |