PENGARUH MEDIA INTERAKTIF WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI AL WASHLIYAH PERBUTULAN KABUPATEN CIREBON

Anggi Fadillah, (2024) PENGARUH MEDIA INTERAKTIF WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI AL WASHLIYAH PERBUTULAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
2008107009_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008107009_2_bab1.pdf

Download (149kB)
[img] Text
2008107009_6_bab5.pdf

Download (81kB)
[img] Text
2008107009_7_dafpus.pdf

Download (211kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini membuat siswa cenderung kurang tertarik dan berminat pada saat proses pembelajaran dikelas. Sehingga dapat menghambat proses pembelajaran yang berdampak pada siswa kurang berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti menggunakan Wordwall sebagai media interaktif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan. Wordwall sebagai media interaktif merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA, karena media interaktif ini berperan penting dalam proses pembelajaran. Wordwall sebagai media interaktif dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menguasai materi, siswa dapat berinteraksi dan aktif dalam menjawab pertanyaan maupun bertanya juga merespon apa yang dilihat didepan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan Wordwall sebagai media interaktif pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Al Washliyan Perbutulan. (2) mengetahui seberapa besar pengaruh Wordwall sebagai media interaktif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggukanan observesi, angket, dan tes. Sampel yang digunakan adalah jenis simple random sampling karena mengambil acak siswa kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan yang berjumlah 30 siswa. Data yang diolah diperoleh dengan menggunakan uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan Wordwall sebagai media interaktif pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru memperoleh skor sebesar 85% termasuk dalam kategori baik. Terdapat pengaruh Wordwall sebagai media interaktif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan yaitu dengan nilai sig. (0.000) < probabilitas 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima artinya ada pengaruh antara Wordwall sebagai media interaktif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 26 Mar 2025 06:54
Last Modified: 26 Mar 2025 06:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15222

Actions (login required)

View Item View Item