ANALISIS INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU VERBAL BULLYING DI MI NURUL IMAN SANGKANMULYA KUNINGAN

Ine Novitasari, (2024) ANALISIS INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU VERBAL BULLYING DI MI NURUL IMAN SANGKANMULYA KUNINGAN. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
2008107026_2_bab1.pdf

Download (267kB)
[img] Text
2008107026_6_bab5.pdf

Download (241kB)
[img] Text
2008107026_7_dafpus.pdf

Download (248kB)
[img] Text
2008107026_1_cover.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan meningkatnya angka bullying pada tingkat sekolah dasar dari tahun ke tahun baik itu bullying secara verbal maupun non verbal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu pergaulan dengan teman sebaya. Perilaku bullying terutama pada perilaku verbal bullying ini dilakukan oleh para siswa-siswi karena adanya pergaulan dengan teman sebayanya. Semakin sering siswa bergaul dengan pelaku bullying semakin berpeluang juga siswa melakukan bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Interaksi teman sebaya pada siswa kelas V MI Nurul Iman Sangkanmulya Kuningan, 2) Verbal Bullying pada siswa kelas V MI Nurul Iman Sangkanmulya Kuningan. Verbal bullying merupakan jenis tindakan kekerasan secara lisan yang bisa terdeteksi karena bisa tertangkap indera pendengaran. Selain itu bullying yang dilakukan secara lisan atau juga dengan menggunakan kata-kata yang dapat menyebabkan korbannya terluka atau sakit hati. Bullying ini biasanya menjadi awal dari perilaku bullying yang lainnya serta menjadi langkah pertama menuju kekerasan yang lebih lanjut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, karena penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan serta menganalisis interaksi antar sebaya di kelas V MI Nurul Iman Sangkanmulya. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, display dataa, dan penarikan kesimpulan. Sumber data yang digunakan yaitu menggunakan data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa perilaku verbal bullying yaitu menggunakan kata pengganti binatang, kata yang bermaksud untuk mengejek, kata yang ditunjukkan untuk memberikan julukan terhadap fisik seseorang, dan kata ancaman. Hal tersebut terjadi akibat beberapa faktor yang mempengaruhi salah satunya yaitu interaksi teman sebaya. Dimana terdapat dinamika interaksi ini juga dipengaruhi oleh keberadaan kelompok bermain atau geng yang dapat berpotensi memicu perilaku verbal bullying.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 27 Mar 2025 03:49
Last Modified: 27 Mar 2025 03:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15231

Actions (login required)

View Item View Item