ATIYA NINGSIH, (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN PELANDAKAN 2 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
![]() |
Text
2008107035_6_bab5.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
2008107035_2_bab1.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
2008107035_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2008107035_7_dafpus.pdf Download (298kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PKn. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti mengembangkan media video animasi interaktif dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Pelandakan 2 Kota Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan video animasi interaktif pembelajaran PKn untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Pelandakan 2 Kota Cirebon yang valid, (2) menghasilkan video animasi interaktif pembelajaran PKn untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Pelandakan 2 Kota Cirebon yang Praktis, (3) menghasilkan video animasi interaktif pembelajaran PKNuntuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Pelandakan 2 Kota Cirebon yang efektif. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis desain Research and Development (R&D) dengan model ADDIE dimana penelitian ini mengembangkan atau menyempurnakan suatu produk baru yang kemudian divalidasi oleh para ahli. Adapun subjek penelitian ini berupa 23 siswa kelas IV SD Negeri Pelandakan 2 Kota Cirebon. Desain Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest Posttest denagn teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, lembar validasi, lembar pretest-posttest, dan lembar angket kepraktisan. Dari hasil penelitian yang diperoleh nilai ahli media sebesar 97,22% dikategorikan sangat layak, ahli bahasa mendapatkan nilai sebesar 97,08% dengan kategori sangat layak, dan nilai dari ahli materi sebesar 91,39% dengan kategori sangat layak sementara itu kepraktisan media video animasi interaktif mendapatkan nilai kepraktisan dari guru sebesar 90% dan nilai kepraktisan siswa sebesar 76,68% dikategorikan sangat praktis. Dan uji coba penggunaan video animasi interaktif dalam pembelajaran PKn menghasilkan peningkatan berpikir kritis siswa kelas IV yang signifikan dengan memperoleh skor N-Gain rata-rata 0,77 dengan klasifikasi tinggi, maka media video animasi interaktif pembelajaran PKn efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD/MI dalam Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 04:04 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 04:04 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |