PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS IV SDN PELANDAKAN KOTA CIREBON

Sinta Rahmawati, (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS IV SDN PELANDAKAN KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
2008107036_1_cover.pdf

Download (894kB)
[img] Text
2008107036_2_bab1.pdf

Download (356kB)
[img] Text
2008107036_6_bab5.pdf

Download (236kB)
[img] Text
2008107036_7_dafpus.pdf

Download (496kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam berpikir kritis matematis. Untuk mengatasi maslah ini, peneliti mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis canva dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IV SDN Pelandakan Kota Cirebon. Tujuan penelitian ini meliputi (1) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IV SDN Pelandakan 2 Kota Cirebon, (2) menghasilkan media pembelajaran video animasi berbasis canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IV SDN Pelandakan 2 Kota Cirebon memenuhi kriteria valid, (3) menghasilkan media pembelajaran video animasi berbasis canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IV SDN Pelandakan 2 Kota Cirebon memenuhi kriteria praktis, serta (4) menghasilkan media pembelajaran video animasi berbasis canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IV SDN Pelandakan 2 memenuhi kriteria efektif. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode RnD dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Depelopment, Implement,Evaluasi). Desain penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest Posttest dengan teknik pengumpulan data yaitu lembar validasi, lembar pretest-posttest, dan lembar angket kepraktisan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pelandakan yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai dari ahli media sebesar 96,36% yang termasuk dalam kategori sangat layak, lalu ahli bahasa mendapatkan nilai sebesar 80% dengan kategori sangat layak, ahli materi mendapatkan nilai sebesar 96% dikategorikan sangat layak. Selain itu, kemampuan berpikir kritis matematis siswa mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0,49 yang masuk kategori sedang, sehingga media pembelajaran video aniamsi berbasis canva dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IV SD/MI dalam pembelajaran. Dari segi kepraktisan, media pembelajaran video aniamsi berbasis canva mendapat nilai kepraktisan dari guru sebesar 96% dan dari siswa sebesar 95,25% dikategorikan sangat praktis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 27 Mar 2025 04:13
Last Modified: 27 Mar 2025 04:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15235

Actions (login required)

View Item View Item