PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI BUAHKAPAS

Wida Mulia, (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI BUAHKAPAS. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
2008107053_2_bab1.pdf

Download (291kB)
[img] Text
2008107053_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008107053_7_dafpus.pdf

Download (275kB)
[img] Text
2008107053_6_bab5.pdf

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada siswa di SDN Buahkapas, disebabkan kurangnya penekanan pada pemecahan masalah yaitu pembelajaran yang tidak berfokus pada pengembangan keterampilan pemecahan masalah atau berpikir kritis. Peserta didik lebih sering diarahkan untuk menghafal informasi daripada dilatih untuk berpikir analitis dan kritis dalam menghadapi permasalahan nyata, Kurangnya Penggunaan Sumber Belajar yang Beragam Sumber belajar yang digunakan sering kali hanya terbatas pada buku teks atau materi ajar yang sudah ditentukan. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis memerlukan perubahan dalam pendekatan pengajaran, lingkungan belajar, serta evaluasi pembelajaran yang lebih berorientasi pada pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan video animasi pada pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS di kelas V SDN Buahkapas. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan Model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. 2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS kelas V setelah mendapatkan perlakuan model problem based learning. 3) Untuk mengetahui pengaruh Model problem based learning (PBL) berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS di kelas V. Jenis penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimental design dengan desain One Group Pre-test Post-test Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes soal dan dokumentasi. Sampel yang digunakan sampel jenuh karena mengambil seluruh jumlah populasi siswa kelas V SDN Buahkapas yang berjumlah 26 siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji normalitas, uji N-Gain, uji wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada satu kelas penelitian didapatkan nilai rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis menggunakan model problem based learning berbantuan video animasi adalah 68,73 sedangkan kemampuan berpikir kritis sebelum diberikan perlakuan model problem based learning 42,73. Kemudian untuk hasil Uji wilcoxon signed test didapatkan nilai Z sebesar -4.180 dan nilai Asympsig. (2-tailed) 0.000 lebih kecil dari tingkat alfa 5% (0,05) sehingga menolak ho, (Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 = diterima) hasil Uji wilcoxon menunjukan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05. Oleh karena itu, hipoesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model problem based learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS di kelas V SDN Buahkapas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 08 Apr 2025 01:45
Last Modified: 08 Apr 2025 01:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15241

Actions (login required)

View Item View Item