Fadla Amarullah, (2025) TINJAUAN ARKEOLOGI PENGETAHUAN MICHEL FOUCAULT TERHADAP METODE AT-TABSYIR KARYA JUMHAER YUSUF SEBAGAI TAHSIN AL-QUR’AN. Bachelor thesis, SI-Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.
![]() |
Text
2108304009_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108304009_2_bab1.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
2108304009_6_bab5.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
2108304009_7_dafpus.pdf Download (214kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang analisis Metode At-Tabsyir karya Jumhaer Yusuf dengan menggunakan pendekatan arkeologi pengetahuan Michel Foucault yang menitikberatkan pada analisis formasi diskursif, yaitu cara-cara tertentu pengetahuan diproduksi, disebarkan,dan dilegitimasi dalam ruang dan waktu tertentu. Jenis penilelitian ini merupakan kualitatif dengan menggunakan dua pendekatan yaitu library research dan field research dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Rumusan masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah analisis terhadap formasi diskursif arkeologi pengetahuan Michel Foucaulut dalam metode At-Tabsyir karya Jumhaer Yusuf dan bagaimana langkah- langkah penggunaan metode At-Tabsyir diterapkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode At-Tabsyir mengalami transisi epistemologis dari pengetahuan berbasis pengalaman empiris menuju legitimasi keilmuan formal. Jilid pertama dan kedua disusun berdasarkan praktik langsung pengajaran Al-Qur’an oleh penyusunnya, sementara jilid ketiga mulai mengintegrasikan referensi kitab klasik seperti Matan Jazariyah dan Hidayatus Shibyan. Metode ini tidak bersifat netral, melainkan dibentuk melalui jejaring kekuasaan di lingkungan Pondok Pesantren Al-Ikhlas yang memberikan legitimasi struktural dan simbolik bagi penyusunnya. Selain itu, metode At-Tabsyir lahir dari refleksi kritis terhadap metode pembelajaran Al-Qur’an yang sudah ada, seperti Iqra’, Ummi, dan Tilawati, serta menawarkan pendekatan yang lebih adaptif, ringkas, dan efisien tanpa meninggalkan prinsip fonetik dan tartil. Dengan demikian, At-Tabsyir menghadirkan wacana pembelajaran yang bersifat dialogis serta menggabungkan inovasi pedagogis dan otoritas tradisi keilmuan Islam
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode At-Tabsyir, Jumhaer Yusuf, Formasi Diskursif, Arkeologi Pengetahuan. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 12:00 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 01:13 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15292 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |