Penggunaan Ayat-Ayat Al-Qur’an di Kalangan Pedagang Pasar Japura Kidul (Pendekatan Sosiologi Pengetahuan Karl Mannheim)

Ziyadatul Ilmi, (2025) Penggunaan Ayat-Ayat Al-Qur’an di Kalangan Pedagang Pasar Japura Kidul (Pendekatan Sosiologi Pengetahuan Karl Mannheim). Bachelor thesis, S1-Ilmu Alqur'an dan Tafsir.

[img] Text
2008304105_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008304105_2_bab1.pdf

Download (414kB)
[img] Text
2008304105_6_bab5.pdf

Download (157kB)
[img] Text
2008304105_7_dafpus.pdf

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an di kalangan pedagang pasar Japura Kidul yang diyakini dapat mendatangkan rezeki, serta bagaimana keyakinan tersebut diwujudkan dalam praktik kehidupan dan usaha mereka. Penulis ingin menganalisis bagaimana bentuk penerimaan, pemahaman, serta pengamalan para pedagang terhadap ayat- ayat tertentu dalam konteks sosial-budaya masyarakat pasar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan sosiologi pengetahuan Karl Mannheim. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Informasi yang sudah terkumpul akan diproses menggunakan metode analisis interaktif, terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan dari penelitian ini adalah pertama, beberapa pedagang Pasar Japura Kidul memiliki keyakinan kuat bahwa ayat-ayat tertentu dalam Al-Qur’an, memiliki keutamaan khususnya dalam mendatangkan rezeki dan keberkahan. Kedua, Ayat-ayat tersebut diamalkan melalui berbagai bentuk praktik seperti membaca surah tertentu sebelum membuka lapak, membaca setelah selesai salat fardhu, maupun dibaca disaat sedang tidak ada pembeli. Ketiga, dalam perspektif Karl Mannheim, pengamalan ayat- ayat Al-Qur’an di kalangan pedagang Pasar Japura Kidul bukan hanya sekadar praktik keagamaan individu, tetapi juga bagian dari struktur sosial dan budaya yang membentuk cara mereka memahami dan menjalani kehidupan. Makna objektif menunjukkan fungsi ayat-ayat sebagai sarana spiritual dalam berdagang, makna ekspresif mencerminkan hubungan emosional pedagang dengan keyakinan mereka, sementara makna dokumenter memperlihatkan bagaimana praktik ini menjadi bagian dari warisan sosial dan budaya komunitas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Jul 2025 06:42
Last Modified: 15 Jul 2025 06:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15315

Actions (login required)

View Item View Item