Hadis-Hadis Shalawat Dalam Kitab Al-Ażkār Karya Imām An-Nawāwῑ (Penggunaan Sanad ‘Ālīy Dan Nāzil)

Mia Rahmayanti, (2025) Hadis-Hadis Shalawat Dalam Kitab Al-Ażkār Karya Imām An-Nawāwῑ (Penggunaan Sanad ‘Ālīy Dan Nāzil). Bachelor thesis, SI- Ilmu Hadist UINSSC.

[img] Text
2108307026_1_cover.pdf

Download (926kB)
[img] Text
2108307026_2_bab1.pdf

Download (492kB)
[img] Text
2108307026_6_bab5.pdf

Download (302kB)
[img] Text
2108307026_7_dafpus.pdf

Download (317kB)

Abstract

Shalawat kepada Nabi Muhammad Saw dalam Agama Islam merupakan salah satu amalan yang memiliki banyak keutamaan sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan dalam beberapa hadis Nabi Saw. Salah satu kitab yang memuat hadis anjuran untuk bersahalawat kepada Nabi Saw adalah kitab Al-Ażkār karya Imam an-Nawāwῑ , kitab yang memuat berbagai doa dan zikir, termasuk hadis-hadis shalawat. Salah satu aspek penting dalam menentukan keabsahan suatu hadis adalah analisis terhadap kajian sanad. Sebab, sanad menjadi salah satu rantai atau sandaran hadis yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya hingga Rasulullah Saw. Metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis dilakukan terhadap hadis-hadis shalawat dalam kitab al-Ażkār dan lebih difokuskan pada kuantitas dan penggunaan sanad ‘Ālīy dan sanad Nazil. Untuk Memperoleh analisis isi, peneliti memperoleh pemahaman tentang penggunaan hadis-hadis Shalawat dalam kitab al-Ażkār dengan menggunakan rujukan sumber asli hadis yakni kitab Mu’jam Mufaras Lil Hadits. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pengutipan hadis, Imam an-Nawāwῑ tidak terlalu memperhatikan Sanad ‘Ālīy maupun sanad Nāzil. Kuantitas hadis-hadis shalawat dalam kitab al�Ażkār yang berjumlah lima hadis dapat disimpulkan bahwa terdapat dua hadis masyhur yaitu hadis kesatu dan ketiga, terdapat dua hadis yang termasuk kedalam hadis gharib yaitu hadis kedua dan kelima dan terdapat hadis ahad yaitu hadis keempat. Sedangkan hasil analasis penggunaan sanad ‘Ālīy dan Nāzil terhadap hadis shalawat dalam kitab al-Ażkār memiliki sanad yang beragam sesuai dengan periwayat hadis meskipun dalam satu teks hadis yang sama. Sebagaimana hasil analisis penulis, bahwa dari kelima hadis yang dikutip oleh Imam an-Nawāwῑ dalam Kitab al-Ażkār dengan sanad yang berbeda dapat disimpulkan sebagai berikut; Hadis ke-1 yang termasuk kedalam kategori sanad ‘Ālīy yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dan Ahmad bin Hanbal, sedangkan yang termasuk kedalam kategori sanad Nāzil yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abū Daud dan an�Nasa’i. Hadis ke-2 yang termasuk kedalam hadis sanad ‘Ālīy yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi sedangkan yang termasuk kedalam hadis dengan sanad Nāzil yang diriwayatkan oleh an-Nasa’i. Hadis ke-3 yang termasuk kedalam kategori hadis sanad ‘Ālīy yang diriwayatkan oleh Abū Daud, an-Nasa’i, Ibnu Majah, ad-Darimiy dan Ahmad bin Hanbal. Hadis ke-4 yang termasuk kategori sanad ‘Ālīy yang diriwayatkan dari Abū Daud dan Ahmad bin Hanbal. Hadis ke-5 yang termasuk kedalam kategori sanad ‘Ālīy yang merupakan riwayat dari Abū Daud dan Ahmad bin Hanbal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Hadis Shalawat, Al-Ażkār, Imam an-Nawāwῑ, Sanad ‘Ālīy dan Sanad Nāzil
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Hadist
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:33
Last Modified: 18 Jul 2025 07:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15380

Actions (login required)

View Item View Item