Pengaruh E-Service Quality Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek Tirta Jati)

Titi Kumala, (2025) Pengaruh E-Service Quality Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek Tirta Jati). Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108204022_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108204022_2_bab1.pdf

Download (542kB)
[img] Text
2108204022_6_bab5.pdf

Download (504kB)
[img] Text
2108204022_7_dafpus.pdf

Download (482kB)

Abstract

Teknologi yang tumbuh begitu pesat seiring padatnya kegiatan penduduk, maka lebih sering menentukan sesuatu yang simpel dan ekonomis untuk mendapatkan air minum yang dibutuhkan. Pesatnya perkembangan ditandai dengan peningkatan jumlah produk AMDK yang memiliki beragam nama. Persaingan yang semakin ketat dalam industri air minum dalam kemasan (AMDK), khususnya pada produk lokal seperti Tirta Jati, menuntut perusahaan untuk membangun strategi yang mampu meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen. Meskipun produk AMDK Tirta Jati memiliki harga yang kompetitif dan telah melakukan inovasi dalam pelayanan digital, pangsa pasar produk ini belum merata di seluruh wilayah Kabupaten Cirebon, dan fluktuasi penjualan masih terjadi. Permasalahan utama yang muncul adalah belum optimalnya e-service quality dan persepsi harga dalam membentuk loyalitas konsumen, serta belum diketahui sejauh mana kepuasan konsumen memediasi hubungan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-service quality dan persepsi harga terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen, dengan objek penelitian pada konsumen produk air minum dalam kemasan (AMDK) merek Tirta Jati di Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) berbasis Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service quality dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selanjutnya, e service quality dan persepsi harga tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, namun kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Selain itu, kepuasan konsumen terbukti memediasi hubungan antara e-service quality dan persepsi harga terhadap loyalitas konsumen. Temuan ini menegaskan pentingnya kualitas pelayanan digital dan strategi penetapan harga yang tepat dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang memuaskan, yang pada akhirnya mendorong loyalitas terhadap produk lokal seperti AMDK Tirta Jati.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: e-service quality, persepsi harga, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen, AMDK Tirta Jati
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:01
Last Modified: 23 Jul 2025 04:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15417

Actions (login required)

View Item View Item