Linda Herlina, (2025) Pengaruh Revitalisasi Tiket Parkir Dan Keberagaman Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pasar Harjamukti Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204078_1_cover.pdf Download (914kB) |
![]() |
Text
2108204078_2_bab1.pdf Download (513kB) |
![]() |
Text
2108204078_6_bab5.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
2108204078_7_dafpus.pdf Download (209kB) |
Abstract
Dengan berkembang pesatnya pasar modern yang menawarkan kenyamanan, kemudahan, dan harga yang lebih kompetitif, Pasar Harjamukti Kota Cirebon menghadapi beberapa tantangan yang mempengaruhi daya saingnya. Salah satunya adalah kurangnya efisiensi pada sistem parkir, yang menyebabkan pengunjung kesulitan menemukan tempat parkir yang sesuai dan berdampak pada kenyamanan mereka. Selain itu, terbatasnya variasi produk yang tersedia di pasar tradisional ini juga menjadi kendala, mengingat konsumen lebih memilih pasar yang menyediakan beragam pilihan produk sesuai dengan kebutuhan mereka. Kedua masalah ini tidak hanya memengaruhi kenyamanan dan pengalaman berbelanja, tetapi juga dapat menurunkan tingkat kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Revitalisasi Tiket Parkir dan Keberagaman Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di Pasar Harjamukti Kota Cirebon. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Kuantitatif. Populasi Penelitian ini yaitu para konsumen yang pernah berkunjung di Pasar Harjamukti Kota Cirebon. Sampel yang digunakan sebesar 96 responden. Variabel Dependent (Y) pada penelitian ini yakni Kepuasan Konsumen, Variabel Inependent adalah Revitalisasi Tiket Parkir (X1) dan Keberagaman Produk (X2). Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling, yaitu mengambil secara acak anggota sampel dari populasi tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Data yang digunakan adalah data primer yang di dapat dari jawaban responden melalui kuesioner dan wawancara yang diberikan. Alat bantu yang digunakan dalam penelitian ini yakni IBM SPSS 30. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis variabel revitalisasi tiket parkir berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan konsumen di Pasar Harjamukti Kota Cirebon, hal ini dibuktikan dengan signifikansi 0,001 atau (sig. < 0,05) dan nilai t hitung (3,980) dan t tabel (1,661) maka t hitung > t table artinya signifikansi. Variabel Keberagaman Produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen di Pasar Harjamukti Kota Cirebon, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung (13,049 ) dan t tabel (1,661) maka t hitung > t tabel dengan tingkat signifikansi 0,001 atau (sig. < 0,05). Dan variabel revitalisasi tiket parkir (X1) dan keberagaman produk (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) memiliki nilai F hitung (229,614) dan F tabel (3,09) maka F hitung > F tabel dengan tingkat signifikansi 0,001 atau (sig. < 0.05) artinya bahwa revitalisasi tiket parkir dan keberagaman produk secara simultan memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen di Pasar Harjamukti Kota Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | revitalisasi tiket parkir, keberagaman produk,kepuasan konsumen |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:53 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:53 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |