Fuja Sari Dewi, (2025) Pengaruh Literasi Digital, Customer Review, Fear Of Missing Out (Fomo), Dan Lifestyle Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Siswa Sman 1 Cibingbin. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204129_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2108204129_2_bab1.pdf Download (487kB) |
![]() |
Text
2108204129_5_bab4.pdf Download (673kB) |
![]() |
Text
2108204129_7_dafpus.pdf Download (291kB) |
Abstract
Perilaku impulse buying merupakan fenomena yang sering terjadi di kalangan konsumen, khususnya di kalangan remaja atau Generasi Z. Di era modern, perilaku ini disebabkan oleh kemudahan akses teknologi digital dan e-commerce. Dengan literasi digital yang baik seharusnya dapat meningkatkan kemampuan individu untuk mengelola informasi secara bijak. Namun, literasi digital yang baik juga dapat berdampak negatif dengan paparan terhadap iklan digital, ulasan konsumen, rasa akan takut ketinggalan tren atau fomo dan gaya hidup yang memicu perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujun untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh literasi digital, customer review, fear of missing out (fomo) dan lifestyle terhadap perilaku impulse buying pada siswa SMAN 1 Cibingbin. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yang meliputi Literasi Digital (X1), Customer Review (X2), Fear of Missing Out (Fomo) (X3) dan Lifestyle (X4), dengan variabel terikat perilaku Impulse Buying (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi siswa SMAN 1 Cibingbin sebanyak 1.238 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 siswa dihitung dengan rumus Taro Yamane dengan Proportionate random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa literasi digital, customer review, fear of missing out (fomo) dan lifestyle berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap perilaku impulse buying pada siswa SMAN 1 Cibingbin. Temuan ini memberikan wawasan baru bagi dunia pendidikan dan pemasaran untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif di kalangan pelajar, khususnya remaja atau Generasi Z. Kata Kunci : Literasi Digital, Customer Review, Fear of Missing Out (Fomo), Lifestyle dan Impulse Buying.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 06:24 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:07 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |