Pengaruh Harga, Brand Awareness, Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hanasui Pada Generasi Z Di Kota Cirebon

Andis Rahmawati, (2025) Pengaruh Harga, Brand Awareness, Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hanasui Pada Generasi Z Di Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108204071_1_cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2108204071_2_bab1.pdf

Download (525kB)
[img] Text
2108204071_6_bab5.pdf

Download (383kB)
[img] Text
2108204071_7_dafpus.pdf

Download (449kB)

Abstract

Di era globalisasi dengan persaingan perusahaan yang ketat, maka perusahaan dituntut untuk bersikap inovatif dan kreatif agar tetap kompetitif dalam mempertahankan serta mendapatkan pelanggan yang loyal, terutama dalam industri kecantikan. Harga produk kecantikan yang relatif murah menimbulkan adanya spekulasi terhadap mutu dan kualitas produk. Disisi lain, melimpahnya produk skincare ilegal dan tidak bertanggung jawab membuat konsumen semakin selektif dalam memilih produk. Semakin tinggi kesadaran terhadap merek, semakin besar kemungkinan konsumen akan mempertimbangkannya dalam keputusan pembelian. Bertambah terkenal juga menarik seorang celebrity endorser, maka semakin besar pengaruhnya mendorong pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh harga, brand awareness, dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk Hanasui pada generasi Z di Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan pendekatan survei dengan teknik pengumpulan data primer dan sekunder. Penelitian ini dilakukan pada generasi Z di Kota Cirebon, dengan total populasi sebanyak 118.375 jiwa ditahun 2024 yang pernah membeli dan menggunakan produk Hanasui. Sampel penelitian ini diambil menggunakan metode Taro Yamane, diperoleh jumlah sampel sebesar 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada responden menggunakan Google Form, yang diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis variabel harga (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) berpengaruh positif dan signifikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,016 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel (2,448 > 1,985), variabel brand awareness (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) berpengaruh positif dan signifikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel (3,683 > 1,985), variabel celebrity endorser (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) berpengaruh positif dan signifikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel (3,730 > 1,985). Variabel harga (X1), brand awareness (X2), dan celebrity endorser (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien Adjusted R Square tercatat sebesar 0,545 atau 54,5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel harga (X1), brand awareness (X2), dan celebrity endorser (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) yang artinya Ha diterima. Kata Kunci: Harga, Brand Awareness, Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:49
Last Modified: 22 Jul 2025 06:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15465

Actions (login required)

View Item View Item