Elvira, (2025) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Tabungan Kurban Di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Perambabulan Makmur Abadi Cabang Babadan Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204096_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108204096_2_bab1.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
2108204096_6_bab5.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
2108204096_7_dafpus.pdf Download (261kB) |
Abstract
Tabungan kurban menjadi solusi finansial bagi umat Islam dalam mempersiapkan dana ibadah kurban. KSPPS Perambabulan Makmur Abadi Cabang Babadan menyediakan layanan ini dan mengalami peningkatan anggota, meskipun sempat stagnan pada 2022–2023. Hal ini menunjukkan perlunya kajian terhadap faktor-faktor yang memengaruhi minat masyarakat. Tujuan penelitian ini difokuskan untuk menganalisis pengaruh promosi, word of mouth, dan gaya hidup terhadap minat mengikuti program tabungan kurban. Penelitian ini menggunakan metode kuntitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota koperasi sebanyak 1.426 anggota. Perhitungan sampel menggunakan rumus Taro Yamane dengan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 93 anggota. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi berpengaruh secara parsial terhadap minat anggota menggunakan tabungan kurban dibuktikan dengan nilai signifikan 0,040 < 0,05, word of mouth berpengaruh secara parsial terhadap minat menggunakan tabungan kurban dibuktikan dengan nilai sig. 0,002 < 0,05 dan variabel gaya hidup berpengaruh secara parsial terhadap minat menggunakan tabungan kurban dibuktikann dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Sedangkan secara simultan variabel promosi, word of mouth dan gaya hidup berpengaruh terhadap minat menggunakan tabungan kurban. Hal ini ditunjukkan dengan nilai 48,599 serta nilai koefisien determinasi yang menunjukkan kontribusi terhadap variabel minat sebesar 60,8%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tabungan Kurban, Promosi, Word of Mouth, Gaya Hidup, Minat |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 03:06 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 03:06 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15506 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |