PENGARUH RESPON SISWA PADA PENGGUNAAN MEDIA HANDOUT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DI MTS KHAS KEMPEK PALIMANAN CIREBON

Mohammad Reza Fahrurozi, (2013) PENGARUH RESPON SISWA PADA PENGGUNAAN MEDIA HANDOUT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DI MTS KHAS KEMPEK PALIMANAN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Other
M. REZA FAHRUROZI_OK.PDF

Download (15MB) | Preview

Abstract

Mohammad Reza Fahrurozi: “Pengaruh Respon Siswa pada Penggunaan Media Handout dalam Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Segiempat di MTs KHAS Kempek Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah Jurusan Matematika IAIN Syekh Nurjati. Pembelajaran Matematika selama ini dianggap pelajaran yang sulit untuk dipahami. Memerlukan ketajaman nalar, banyak belajar untuk menghafal rumus dan banyak latihan agar dapat memahami pelajaran Matematika dengan baik. Hal ini menyebabkan keengganan siswa untuk belajar Matematika. Oleh karena itu, dibutuhkan media yang mampu mendorong siswa untuk lebih termotivasi dan berminat untuk belajar Matematika, baik di sekolah maupun di luar jam sekolah. Dibutuhkan media yang tepat dan bervariasi agar dapat mengatasi sikap pasif siswa dalam proses belajar. Salah satunya adalah penggunaan media handout. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana respon siswa pada penerapan media pembelajaran handout dalam pembelajaran Matematika, menjelaskan seberapa tinggi tingkat pemahaman Matematika siswa dalam pembelajaran Matematika, dan mengetahui pengaruh respon siswa pada penggunaan media handout dalam pembelajaran Matematika terhadap pemahaman Matematika siswa. Penggunaan media handout dalam pembelajaran Matematika dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman Matematika siswa. Dengan penggunaan media handout siswa dapat memperoleh lebih banyak materi tambahan, karena mereka dapat membaca dan menghafal materi pelajaran tidak hanya disekolah tetapi juga di luar jam sekolah. Dengan demikian siswa lebih mudah dalam memahami pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan melakukan uji persyaratan dan uji hipotesis. Popilasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs KHAS Kempek. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster sampling (sampel kelompok). Adapun dalam penelitian ini diambil sampel dari kelas VII J yang berjumlah 38 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata skor angketnya adalah 76,87% yang menunjukkan respon siswa pada penggunaan media handout termasuk dalam kategori kuat yang artinya siswa merespon baik pada penggunaan media handout dan terdapat 78,9% atau Hampir seluruhnya siswa menjawab setuju dan sangat setuju pada penggunaan media handout. Sedangkan rata-rata nilai pemahaman Matematika adalah 74,92, yang sudah melebihi nilai KKM. Sedangkan berdasarkan uji statistik yang dilakukan dengan taraf signifikansi 5% (0,05) diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara respon siswa pada penggunaan media handout dalam pembelajaran Matematika terhadap pemahaman Matematika siswa yang ditunjukkan dengan thitung > ttabel, yaitu 3,970 > 2,028, dengan pengaruh yang diberikan berdasarkan uji determinasi adalah sebesar 30,5%, sedangkan sisanya 69,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dan persamaan regresi yang di dapat adalah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 02:18
Last Modified: 12 Jun 2017 02:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1551

Actions (login required)

View Item View Item