Pengaruh Digital Marketing Dan Marketplace Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha, Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Cirebon Kecamatan Kesambi

KURNIAWATI, (2025) Pengaruh Digital Marketing Dan Marketplace Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha, Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Cirebon Kecamatan Kesambi. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108204050_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108204050_2_bab1.pdf

Download (823kB)
[img] Text
2108204050_6_bab5.pdf

Download (244kB)
[img] Text
2108204050_7_dafpus.pdf

Download (593kB)

Abstract

Kebutuhan hidup manusia terus berkembang seiring dengan tuntutan zaman. Pergeseran pola perilaku konsumsi masyarakat saat ini yang awalnya hanya sekedar pemenuhan kebutuhan primer, berkembang menjadi pemenuhan kebutuhan sekunder, tersier bahkan komplementer. Banyaknya perilaku konsumsi menjadikan seseorang melakukan pemborosan yang lebih dikenal dengan perilaku konsumtif. Dalam kehidupan bermasyarakat, perilaku konsumtif menjadi salah satu fenomena yang banyak terjadi pada remaja di daerah perkotaan yang pada kenyataannya belum mempunyai kemampuan finansial guna memenuhi kebutuhannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh religiusitas, uang saku dan gaya hidup secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif santri Pondok Pesantren An-Nidhom. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), Populasi dalam penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren An-Nidhom. Teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling yang berarti mengambil anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak dengan tidak memperhatikan strata dalam populasi. Dengan jumlah responden sebanyak 106 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi serta penyebaran kuesioner yang selanjutnya dianalisis untuk menarik kesimpulan. Hasil dan analisa yang telah ditemukan pada penelitian ini diketahui bahwa variabel religiusitas (X1) berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif (Y) di Pondok Pesantren An-Nidhom dibuktikan dengan nilai thitung 3,003 > ttabel 1,986 dan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05, variabel uang saku (X2) berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif (Y) di Pondok Pesantren An-Nidhom dibuktikan dengan nilai thitung -3,189 > ttabel 1,986 dan signifikansi sebesar 0,002 < 0,05, variabel gaya hidup (X3) berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif (Y) di Pondok Pesantren An-Nidhom dibuktikan dengan nilai thitung 5,974 > ttabel 1,986 dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05,dan variabel religiusitas (X1), uang saku (X2) dan gaya hidup (X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif (Y) santri di Pondok Pesantren An-Nidhom dibuktikan dengan nilai hasil uji Fhitung sebesar 14,214 > Ftabel 2,189 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu dilihat dari nilai Adjusted R Square sebesar 0,274 atau sama dengan 27,4% yang berarti variabel religiusitas (X1), uang saku (X2) dan gaya hidup (X3) secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif (Y) sebesar 27,4% sedangkan sisanya 72,6% dipengaruhi oleh variabel lain. .

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Uang Saku, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:13
Last Modified: 23 Jul 2025 03:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15513

Actions (login required)

View Item View Item