Pengaruh Luas Lahan, Luas Tanam Dan Luas Panen Terhadap Hasil Produksi Padi Di Kabupaten Majalengka Tahun 2014-2023

Syifa Khoirunnisa, (2025) Pengaruh Luas Lahan, Luas Tanam Dan Luas Panen Terhadap Hasil Produksi Padi Di Kabupaten Majalengka Tahun 2014-2023. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108204055_1_cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2108204055_2_bab1.pdf

Download (832kB)
[img] Text
2108204055_6_bab5.pdf

Download (741kB)
[img] Text
2108204055_7_dafpus.pdf

Download (588kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengaruh harga dan kemudahan berbelanja terhadap minat beli produk kecantikan secara online pada e-commerce shopee pada mahasiswa di Kota Cirebon. Perkembangan teknologi, khususnya internet, telah membawa dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk ekonomi, dengan kemunculan e-commerce sebagai tren belanja modern. Dengan tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai 79,5% pada tahun 2024, platform belanja online seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada semakin populer, terutama di kalangan mahasiswa dan pekerja muda. Shopee, sebagai platform e-commerce terkemuka, mencatat jumlah kunjungan tertinggi di Indonesia pada tahun 2023, menunjukkan dominasi di pasar. Produk fashion kecantikan menjadi kategori terlaris, mencerminkan perubahan preferensi dan kebutuhan masyarakat modern. Faktor seperti harga dan kemudahan penggunaan teknologi berperan penting dalam memengaruhi minat beli online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Populasi penelitian meliputi mahasiswa di Kota Cirebon yang pernah membeli produk kecantikan melalui e-commerce Shopee. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Analisis data dilakukan menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji korelasi berganda, regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi, yang diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis variabel harga (X1) terhadap minat beli (Y) berpengaruh positif terhadap minat beli. Hal in dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel (5,676 > 1,985), variabel kemudahan berbelanja (X2) tidak berpengaruh terhadap minat beli (Y) dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,170 > 0,05 dan nilai t hitung < t tabel (1,384 < 1,985). Variabel harga (X1) dan kemudahan berbelanja (X2) terhadap minat beli (Y) memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien Adjusted R Square tercatat sebesar 0,390 atau 39%, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama atau simultan variabel harga (X1) dan kemudahan berbelanja (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat beli (Y) yang artinya Ha diterima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Harga, Kemudahan berbelanja, Minat beli
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:35
Last Modified: 23 Jul 2025 03:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15523

Actions (login required)

View Item View Item