Retno Ayunda, (2025) Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Mikro Kecil Binaan Rumah Bumn Cirebon. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204013_1_cover.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
2108204013_2_bab1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108204013_6_bab5.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
2108204013_7_dafpus.pdf Download (434kB) |
Abstract
Cirebon dikenal sebagai daerah dengan warisan budaya dan sejarah Islam yang kuat, menjadikannya salah satu destinasi wisata religi di Indonesia. Salah satu desa yang memiliki potensi besar dalam adalah Desa Depok, yang resmi ditetapkan sebagai Desa Wisata halal dengan konsep pengembangan desa yang menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam berbagai aspek pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi tantangan, harapan, strategi, serta dampaknya sebagai penggerak ekonomi masyarakat. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD) dengan metode/alat penemuan Aprisiatif dan Pemetaan komunitas. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder melalui observasi partisipatif aktif, wawancara semi terstruktur, dokumentasi, FGD dan studi pustaka. Informan penelitian terdiri 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Depok memiliki potensi besar sebagai desa wisata halal dengan tujuh aset utama (manusia, alam, fisik, sosial, keuangan, politik, dan budaya) yang berhasil mengidentifikasi dan dipetakan. Meskipun masih terdapat berbagai tantangan baik struktural maupun non struktural karena proses pengembangan yang belum sepenuhnya tuntas dan masih berada dalam fase transisi positif. Masyarakat menunjukkan harapan kolektif yang kuat untuk menjadikan desa sebagai destinasi wisata halal berbasis religi dan alam tematik yang mampu meningkatkan kesejahteraan. Strategi pengembangan telah disusun secara cukup matang dan mulai diimplementasikan melalui inisiatif awal, meskipun masih bersifat parsial dan memerlukan pendampingan berkelanjutan serta roadmap jangka menengah-panjang. Secara umum, pengembangan desa wisata halal ini telah memberikan dampak multidimensional dalam aspek ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan. Kata Kunci: Pengembangan Desa Wisata Halal; Asset-Based Community Development; Cagar Budaya; Penggerak Ekonomi Lokal
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:20 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 07:20 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |