Pengaruh Rata-Rata Lama Sekolah Dan Tingkat Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Bekasi (Tahun 2009-2023)

Nurrohmah Mutiara Solich, (2025) Pengaruh Rata-Rata Lama Sekolah Dan Tingkat Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Bekasi (Tahun 2009-2023). Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108204141_1_cover.pdf

Download (837kB)
[img] Text
2108204141_2_bab1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
2108204141_6_bab5.pdf

Download (211kB)
[img] Text
2108204141_7_dafpus.pdf

Download (292kB)

Abstract

Meningkatnya kesadaran akan brand fashion Muslim mendorong mahasiswa yang juga santri di pondok pesantren untuk lebih memperhatikan cara berpakaian yang tidak hanya sesuai dengan syariat, tetapi juga tetap rapih, profesional, dan nyaman dalam berbagai aktivitas akademik maupun sosial. Dengan banyaknya pilihan produk fashion Muslim dari berbagai merek, mahasiswa memiliki lebih banyak referensi untuk menyesuaikan gaya berpakaian mereka dengan standar kepesantrenan, tanpa harus meninggalkan unsur estetika dan kenyamanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan persepsi kesesuaian syariah terhadap keputusan konsumsi fashion Muslim pada santri Pondok pesantren An-Nidhom. Penelitian ini menggunakan metode deskirptif dengan jenis korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, serta teknik pengumpulan datanya melalui kuesioner yang penyebarannya dilakukan secara online menggunakan bantuan google form dengan jumlah sampel 100 responden. Metode analisis data yang digunakan meliputi uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Pengolaan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 26. Berdasarkan perhitungan t (parsial), brand awareness dan persepsi kesesuaian syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumsi fashion Muslim pada santri Pondok pesantren An-Nidhom. Berdasarkan perhitungan uji f (simultan) brand awareness dan persepsi kesesuaian syariah terhadap keputusan konsumsi fashion Muslim memiliki f hitung lebih besar dari f tabel (31,916 > 3,09) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti variabel brand awareness dan persepsi kesesuaian Syariah secara Bersama-sama mempengaruhi keputusan konsumsi fashion Muslim. Hasil ini menunjukkan bahwa konsumen Muslim dalam mengambil keputusan konsumsi fashion tidak hanya mempertimbangkan seberapa populer atau dikenalnya suatu merek (brand awareness), tetapi juga menilai sejauh mana produk tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yang mereka yakini. Kombinasi antara pengakuan merek dan kesesuaian nilai religius menjadi faktor penentu dalam membentuk keputusan konsumsi. Kata Kunci: Brand Awareness, Persepsi Kesesuaian Syariah, Keputusan Konsumsi, Fashion Muslim, Pondok Pesantren

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:57
Last Modified: 24 Jul 2025 02:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15610

Actions (login required)

View Item View Item