HANA HAODLOTUL ULUM, (2025) Analisis Tantangan Karyawan Dalam Menerapkan Hospitality Di Wisata Skyworld Taman Mini Indonesia Indah. Bachelor thesis, S1 - Pariwisata UIN SSC.
![]() |
Text
2108208010_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108208010_2_bab1.pdf Download (586kB) |
![]() |
Text
2108208010_6_bab5.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
2108208010_7_dafpus.pdf Download (376kB) |
Abstract
Industri pariwisata merupakan sektor penting di Indonesia yang berperan besar dalam meningkatkan pendapatan daerah dan nasional. Salah satu elemen kunci dalam industri ini adalah hospitality, yang melibatkan pelayanan ramah dan memuaskan bagi pengunjung. Wisata skyworld TMII sebagai destinasi wisata edukatif, menghadapi berbagai tantangan dalam menerapkan hospitality. Tantangan tersebut mencakup keterbatasan pelatihan karyawan, kurangnya komunikasi antara manajemen dan karyawan, serta fluktuasi jumlah pengunjung yang mempengaruhi kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan yang dihadapi oleh karyawan dalam menerapkan konsep hospitality di wisata skyworld TMII. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi hospitality di lokasi wisata tersebut. Dengan mengetahui tantangan dan faktor-faktor tersebut, diharapkan penelitian ini dapat memberikan solusi dan strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pelayanan hospitality di wisata skyworld TMII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode CARL (capability, accessibility, readiness, leverage), yang membantu menentukan prioritas masalah berdasarkan skor pada kriteria tertentu. Untuk memastikan keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber dengan membandingkan data dari berbagai metode pengumpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam penerapan hospitality di wisata skyworld TMII adalah kurangnya pelatihan karyawan, kurangnya komunikasi antara manajemen dan karyawan, serta fluktuasi jumlah pengunjung. Strategi yang disarankan untuk mengatasi tantangan tersebut meliputi peningkatan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, penguatan komunikasi antara manajemen dan karyawan, serta adaptasi terhadap perubahan jumlah pengunjung melalui peningkatan fasilitas dan teknologi, sehingga mampu memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pengunjung
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tantangan, karyawan, hospitality, pariwisata, Skyworld TMII |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 04:17 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:04 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15651 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |