M. RIZQI, (2025) Implementasi Manajemen Pelayanan Dalam Meningkatkan Minat Jama’ah Haji Dan Umrah Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Dan Umrah (Kbihu) Ylpi Buntet Pesantren Cirebon Perspektif Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji. Bachelor thesis, S1-Hukum Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2008202053_1_cover.pdf Download (942kB) |
![]() |
Text
2008202053_2_bab1.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
2008202053_6_bab5.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
2008202053_7_dafpus.pdf Download (207kB) |
Abstract
Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) YLPI Buntet Pesantren Cirebon merupakan lembaga sosial Islam yang bergerak dalam bidang bimbingan manasik haji dan umrah terhadap calon jama’ah haji dan umrah baik selama pembekalan di KBIHU YLPI Buntet Pesantren maupun pada saat Ibadah di Tanah Suci. Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) sebagai lembaga sosial keagama’an merupakan sebuah lembaga yang memiliki legalitas pembimbingan melalui undang-undang dan lebih diperjelas melalui sebuah wadah khusus dalam struktur Departemen Agama dengan Subdit Bina KBIH pada Direktorat Pembinaan Haji. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis optimalisasi manajemen pelayanan dalam menarik minat jama’ah haji dan umrah yang di terapkan oleh KBIHU YLPI Buntet Pesantren Cirebon, serta membahas tentang optimalisasi manajemen pelayanan dalam upaya menarik minat jama’ah haji dan umrah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik menggunakan studi kasus, mengumpulkan data melalui wawancara dengan pengurus lembaga KBIHU YLPI buntet Pesantren Cirebon dan menerapkan observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini, yaitu prtama, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) YLPI Buntet Pesantren Cirebon merupakan salah satu lembaga yang bergerak di bidang jasa pelatihan, bimbingan dan pemberangkatan jama’ah haji dan umrah yang bertujuan untuk membimbing dan mencoba membantu melancarkan pelaksanaan Ibadah Haji dan Umrah di indonesia. Kedua KBIHU YLPI Buntet Pesantren Cirebon telah melakukan optimalisasi manajemen pelayanan dalam upaya menarik minat jama’ah haji dan umrah sesuai dengan peraturan yang sudah di tetapkan oleh Kementrian Agama (Kemenag) Republik Indonesia dan ketiga Ada beberapa faktor penghambat yang di alami oleh KBIHU YLPI Buntet Pesantren Ciebon yaitu kurangnya sumber daya manusia yang memadai dan kurangnya pemanfaatan digitalisasi untuk mempromosikan dan memasarkan pelayanan jasa bimbingan ibadah haji dan umrah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Jama’ah Haji dan Umrah, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah. |
Subjects: | K Law > KZ Law of Nations |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 04:35 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 04:35 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15660 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |