Strategi Pemasaran Untuk Pengembangan Umkm Kerupuk Melarat Dan Perangkai Bunga Melati Di Desa Gesik Kabupaten Cirebon

NABILAH KHOERUNISA, (2025) Strategi Pemasaran Untuk Pengembangan Umkm Kerupuk Melarat Dan Perangkai Bunga Melati Di Desa Gesik Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 - PARIWISATA UIN SIBER SYEKH NURJATI CIREBON.

[img] Text
2108208012_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108208012_2_bab1.pdf

Download (361kB)
[img] Text
2108208012_6_bab5.pdf

Download (100kB)
[img] Text
2108208012_7_dafpus.pdf

Download (170kB)
Official URL: https://uinssc.ac.id/

Abstract

UMKM kerupuk melarat dan perangkai bunga melati di Desa Gesik, Kabupaten Cirebon, merupakan bagian penting dari perekonomian lokal namun masih menghadapi berbagai kendala dalam aspek pemasaran, terutama terkait pemanfaatan teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat pemahaman dan penerapan teknologi digital oleh pelaku UMKM, (2) menganalisis faktor internal dan eksternal yang memengaruhi penjualan, (3) mengevaluasi peran pemerintah daerah dan stakeholder dalam pengembangan pemasaran digital, dan (4) merumuskan strategi pemasaran digital yang efektif bagi UMKM di Desa Gesik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman pelaku UMKM terhadap pemasaran digital masih terbatas, meskipun terdapat kesadaran awal akan pentingnya media sosial dan marketplace, (2) faktor internal seperti keterbatasan modal dan kapasitas SDM serta faktor eksternal seperti persaingan digital sangat memengaruhi penjualan produk (3) dukungan pemerintah dan stakeholder sudah ada, namun, masih belum optimal meskipun sangat dibutuhkan untuk membangun infrastruktur dan pelatihan, dan (4) strategi pemasaran digital yang efektif dapat diterapkan melalui pemanfaatan media sosial, marketplace, branding, serta kolaborasi dengan sektor pariwisata lokal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Pemasaran Digital, Kerupuk Melarat, Bunga Melati, Desa Gesik, Strategi Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 24 Jul 2025 04:37
Last Modified: 24 Jul 2025 07:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15661

Actions (login required)

View Item View Item