Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Anak Kos (Studi Kasus Anak Kos Putri Gunung Jati Indah Cirebon)

Fahri Hidayat, (2025) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Anak Kos (Studi Kasus Anak Kos Putri Gunung Jati Indah Cirebon). Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108204062_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108204062_2_bab1.pdf

Download (307kB)
[img] Text
2108204062_6_bab5.pdf

Download (136kB)
[img] Text
2108204062_7_dafpus.pdf

Download (288kB)

Abstract

Kabupaten Kuningan, yang terletak di Provinsi Jawa Barat, memiliki potensi besar dalam penghimpunan zakat karena mayoritas penduduknya beragama Islam. Tetapi kurangnya rasa percaya masyarakat pada lembaga amil zakat menjadi penyebab rendahnya tingkat kesadaran masyarakat tentang kewajiban membayar zakat sebagian orang lebih memilih untuk langsung memberikan zakat kepada mustahiq ketimbang melalui lembaga amil zakat, karena ketidakpercayaan terhadap kredibilitas pengelola zakat yang ada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan zakat, kepercayaan, dan pendapatan terhadap minat muzakki dalam membayar zakat di Baznas Kabupaten Kuningan. Zakat merupakan instrumen penting dalam distribusi kesejahteraan umat, namun optimalisasi penghimpunan zakat masih menjadi tantangan. Faktor-faktor seperti tingkat pemahaman tentang zakat, kepercayaan terhadap lembaga pengelola zakat, serta kondisi ekonomi muzakki diduga memiliki peran dalam meningkatkan minat mereka untuk membayar zakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada muzakki di baznas Kuningan. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linear berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji T (parsial) variabel pengetahuan zakat 1,701 > 1,661, variabel kepercayaan 4,338 > 1,661 dan variabel pendapatan 4,111 > 1,661. sedangkan pada uji F (simultan) nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel yaitu 32,608 > 3,094 artinya bahwa variabel pengetahuan zakat, kepercayaan, dan pendapatan secara parsial dan simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat muzakki dalam membayar zakat. Kata Kunci: Pengetahuan Zakat, Kepercayaan, Pendapatan, Minat Muzakki, Baznas Kuningan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:24
Last Modified: 24 Jul 2025 08:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15676

Actions (login required)

View Item View Item