Pengaruh Inovasi Produk Dan Pelayanan Pembiayaan Bsi Oto Dengan Akad Murabahah Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Terhadap Nasabah Di Bsi Kcp Jatibarang)

Gita Mahilda, (2025) Pengaruh Inovasi Produk Dan Pelayanan Pembiayaan Bsi Oto Dengan Akad Murabahah Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Terhadap Nasabah Di Bsi Kcp Jatibarang). Bachelor thesis, S1 - Perbankan Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108203164_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108203164_2_bab1.pdf

Download (933kB)
[img] Text
2108203164_6_bab5.pdf

Download (383kB)
[img] Text
2108203164_7_dafpus.pdf

Download (545kB)
Official URL: https://uinssc.ac.id/

Abstract

Pembiayaan BSI OTO oleh PT Bank Syariah Indonesia merupakan sebuah produk untuk mengembangkan inovasi produk dan pelayanan terkait pembiayaan BSI OTO dengan akad murabahah dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan nasabah. Meskipun begitu sejumlah tantangan muncul, termasuk rendahnya pengetahuan nasabah dan kurangnya pemahaman detail akad murabahah dan produk pembiayaan kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan pelayanan pembiayaan BSI OTO dengan akad murabahah terhadap tingkat kepuasan nasabah di BSI KCP Jatibarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini adalah 50 responden nasabah di BSI KCP Jatibarang dari total populasi sebanyak 50 orang. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda serta uji f (simultan) dan uji t (parsial) dengan menggunakan aplikasi SPSS version 22. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Variabel Inovasi Produk berpengaruh positif signifikan terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah di BSI KCP Jatibarang sebesar 20,2%. (2) Variabel Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah sebesar 61,3%. (3) Variabel Inovasi Produk dan Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan mampu mempengaruhi Tingkat Kepuasan Nasabah sebesar 0,816 atau 81,6%

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: : Inovasi Produk, Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Nasabah
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 25 Jul 2025 02:52
Last Modified: 27 Jul 2025 11:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15691

Actions (login required)

View Item View Item