Pengaruh Promosi, Sosialisasi Dan Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Ib Hijrah Haji Di Bank Muamalat Indonesia Kcp Arjawinangun

Nani Maryani, (2025) Pengaruh Promosi, Sosialisasi Dan Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Ib Hijrah Haji Di Bank Muamalat Indonesia Kcp Arjawinangun. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108203033_1_cover.pdf

Download (885kB)
[img] Text
2108203033_2_bab1.pdf

Download (152kB)
[img] Text
2108203033_6_bab5.pdf

Download (121kB)
[img] Text
2108203033_7_dafpus.pdf

Download (200kB)

Abstract

Saat ini, perbankan syariah di indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan ini menunjukan bahwa masyarakat Indonesia mulai mempertimbangkan perbankan syariah sebagai alternatif untuk melakukan transaksi keuangan. Disamping itu, bank umum syaraih pertama di Indonesia adalah Bank Muamalat Indonesia. Bank Muamalat menawarkan berbagai produk, termasuk pembiayaan deposito, investasi dan tabungan. Salah satu produk unggulan pada Bank Muamalat yaitu tabungan iB hijrah haji. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan pendekatan survei. Adapun teknik pengambilan sempel secara non-probability dengan metode purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat KCP Arjawinangun yang menggunakan produk tabungan iB hijrah haji dengan jumlah sampel sebanyak 99 responden. Proses pengujian dibantu menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa, variabel promosi (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan produk tabungan iB hijrah haji dengan pengaruh parsial sebesar 4%. Variabel sosilalisasi (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan produk tabungan iB hijrah haji dengan pengaruh parsial sebesar 43%. Variabel pelayanan (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan produk tabungan iB hijrah haji dengan pengaruh parsial sebesar 18%. Hasil uji simultan (uji F) menunjukan bahwa variabel promosi, sosialisasi dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan produk tabungan iB hijrah haji dengan pengaruh simultan sebesar 65%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Sosialisasi, Pelayanan, Minat nasabah dan Bank Muamalat
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 25 Jul 2025 04:05
Last Modified: 27 Jul 2025 10:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15726

Actions (login required)

View Item View Item