Analisis Strategi Pemasaran Produk Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Merek Tirta Jati (Studi Kasus Perumda Air Minum Tirta Jati Kabupaten Cirebon)

Arla Rahmadini, (2025) Analisis Strategi Pemasaran Produk Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Merek Tirta Jati (Studi Kasus Perumda Air Minum Tirta Jati Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108204183_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108204183_2_bab1.pdf

Download (632kB)
[img] Text
2108204183_6_bab5.pdf

Download (398kB)
[img] Text
2108204183_7_dafpus.pdf

Download (508kB)

Abstract

Banyaknya pengalaman UMKM kurang siap dalam menghadapi persaingan dan menjawab tantangan utama mengenai pengembangan usaha UMKM dalam hal kurangnya pengetahuan akan pemasaran yang disebabkan oleh terbatasnya informasi yang dapat dijangkau UMKM dan kurangnya pengetahuan terhadap digital marketing yang disebabkan oleh minimnya kesempatan untuk mengikuti perkembangan teknologi serta kurangnya pelatihan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh mentoring bisnis dan pelatihan digital marketing terhadap tingkat penjualan UMKM di Rumah BUMN Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah UMKM Rumah BUMN Cirebon yang mengikuti mentoring bisnis dan pelatihan digtal marketing. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner lalu disebarkan kepada 90 responden. Berdasarkan hasil uji secara langsung variabel mentoring bisnis memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat penjualan dengan hasil Thitung 4,083 dan Ttabel 1,662 yang dapat diartikan 4,083 > 1,662 dengan nilai signifikansi 0,000 sedangkan untuk variabel pelatihan digital marketing berpengaruh positif dan signifikansi terhadap tingkat penjualan dengan hasil Thitung 4,918 dan Ttabel 1,662 yang dapat diartikan 4,918 > 1,662 dengan nilai signifikansi 0,000 secara bersama – sama (simultan) pada hasil uji F menyatakan variabel mentoring bisnis dan pelatihan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel tingkat penjualan dengan nilai Fhitung 37,334 dan Ftabel 3,101 yang dapat diartikan dengan 37,334 > 3,101 dengan nilai signifikansi 0,000. Maka dapat disimpulkan pengaruh mentoring bisnis dan pelatihan digital markeitng berpengaruh positif terhadap tingkat penjualan UMKM di Rumah BUMN Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 25 Jul 2025 04:44
Last Modified: 25 Jul 2025 04:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15740

Actions (login required)

View Item View Item