Pengaruh Strategi Promosi Dan Inovasi Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Neng Bakery Di Desa Setupatok

Faiqotur Rohmah, (2025) Pengaruh Strategi Promosi Dan Inovasi Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Neng Bakery Di Desa Setupatok. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108204122_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108204122_2_bab1.pdf

Download (490kB)
[img] Text
2108204122_6_bab5.pdf

Download (416kB)
[img] Text
2108204122_7_dafpus.pdf

Download (369kB)

Abstract

Maraknya penggunaan layanan financial technology berbasis buy now, pay later (BNPL) atau paylater menimbulkan kekhawatiran terhadap dampaknya pada perilaku keuangan konsumen, khususnya jika ditinjau dar aspek syariah dan tingkat religiusitas. Hal ini menjadi perhatian seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap kemudahan transaksi keuangan yang tetap sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah dan religiusitas terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan spaylater di Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang di peroleh dari sumber primer. Populasi penelitian ini adalah para pengguna spaylater Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada responden dengan 96 responden pengguna spaylater. Pengumpulan data yang dipilih menggunakan teknik probability sampling dengan metode random sampling. Analisis data dilakukan menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji t, uji hipotesis, dan koefisien determinasi yang di olah dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah dan religiusitas berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen. Literasi keuangan syariah berpengaruh secara negatif, sedangkan religiusitas berpengaruh secara positif dalam memengaruhi keputusan penggunaan layanan SpayLater dan nilai koefisien Adjuster R Square sebesar 0,341 atau 34,1%, jadi dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama variabel literasi keuangan syariah (X1) dan religiusitas (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen yang menggunakan spaylater (Y) yang artinya Ha diterima H0 ditolak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 25 Jul 2025 06:22
Last Modified: 25 Jul 2025 06:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15749

Actions (login required)

View Item View Item