Alyansi Sri Adam, and UNSPECIFIED (2025) Pengaruh Live Streaming Shopping Tiktok Terhadap Kepercayaan Dalan Keputusan Pembelian Gan Z Di Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204112_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108204112_2_bab1.pdf Download (510kB) |
![]() |
Text
2108204112_6_bab5.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text
2108204112_7_dafpus.pdf Download (398kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi berkembang begitu pesat di segala bidang kehidupan, terlebih lagi dalam bidang strategi promosi. Live streaming menjadi salah satu cara promosi di sosial media seperti Shopee, Instagram, facebook dan Tiktok yang bersaing dalam meyakinkan perhatian para konsumen. Tiktok menjadi aplikasi dengan pengguna terbanyak dan didominasi oleh genesari milenial dan gen Z. Generasi Z merupakan pengguna terbanyak dalam penggunaan media sosial terutama tiktok menjadi terget pasar yang sangat ideal di setiap daerah begitu pun Kabupaten Majalengka. Namun, pada kenyataannya penjualan melalui live streaming di tiktok masih kalah dengan aplikasi lain seperti instagram dan facebook. Permasalah dalam penelitian ini bagaimana pengaruh live streaming shopping di tiktok dalam meyakinkan konsumen dan meningkatkan keputusan pembelian Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh live streaming terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan sebagai variabel intervening, dengan objek penelitian generasi Z di kabupaten Majalengka. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, studi pustaka dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) berbasis Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa live streaming memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan dan keputusan pembelian, Kepecayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Serta variabel kepercayaan terbukti dapat memediasi live streaming terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa live streaming shopping di tiktok menjadi salah satu acuan konsumen untuk meningkat kepercayaan mereka terhadap produk yang ditawarkan, sehingga mendorong konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:36 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15785 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |