Nailul Izzah, (2025) Pengaruh Cita Rasa, Label Halal, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lawson (Studi Kasus Lawson Di Jalan Perjuangan). Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204170_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2108204170_2_bab1.pdf Download (743kB) |
![]() |
Text
2108204170_6_bab5.pdf Download (823kB) |
![]() |
Text
2108204170_7_dafpus.pdf Download (699kB) |
Abstract
Perkembangan gaya hidup modern telah mendorong peningkatan konsumsi makanan siap saji, termasuk produk yang ditawarkan oleh gerai convenience store seperti Lawson. Cita rasa menjadi pertimbangan utama karena berkaitan langsung dengan kepuasan konsumen. Label halal penting khususnya bagi konsumen Muslim sebagai jaminan kehalalan dan keamanan konsumsi. Sementara itu, citra merek mempengaruhi persepsi dan kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk, dan harga menjadi pertimbangan rasional dalam menyesuaikan pembelian dengan daya beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh cita rasa, label halal, citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, data yang diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling dan jumlah sampel tidak diketahui menggunakan rumus Lemeshow, dengan total sampel sebanyak 96 responden. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Analisis data dilakukan dengan serangkaian uji, yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, uji korelasi parsial, uji regresi linier berganda,uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cita rasa dengan nilai thitung sebesar 3,476 > ttabel sebesar 1,986 dan signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05, yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian label halal dengan nilai thitung sebesar -0,948 < ttabel sebesar 1,986 dan signifikansi sebesar 0,345 lebih besar dari 0,05, yang menunjukkan tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian citra merek dengan nilai thitung sebesar 0,698 < ttabel sebesar 1,986 dan signifikansi sebesar 0,487 lebih besar dari 0,05, yang menunjukkan yang menunjukkan tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian harga dengan nilai thitung sebesar 4,261 > ttabel sebesar 1,986 dan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan berdasarkan hasil uji simultan, maka dapat dinyatakan bahwa cita rasa, label halal, citra merek dan harga berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat ditunjukan dengan nilai f tabel lebih besar dari f hitung (11.048 > 2,47) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian koefisien determinasi mendapatkan nilai 0,297 atau 29,7% hal ini berarti keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel cita rasa, label halal, citra merek dan harga.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:50 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:51 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |