Pengaruh Penggunaan Grabfood Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kuliner Melalui Rating Toko Sebagai Variabel Intervening Di Kota Cirebon

Nurhidayatun, (2025) Pengaruh Penggunaan Grabfood Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kuliner Melalui Rating Toko Sebagai Variabel Intervening Di Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108204083_1_cover.pdf

Download (888kB)
[img] Text
2108204083_2_bab1.pdf

Download (277kB)
[img] Text
2108204083_6_bab5.pdf

Download (246kB)
[img] Text
2108204083_7_dafpus.pdf

Download (237kB)

Abstract

Pemasaran digital menjadi strategi penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan daya saing dan pendapatan di era digital. Di Jalan Moh Toha, Kota Cirebon, banyak pelaku UMKM yang menghadapi tantangan dalam memanfaatkan pemasaran digital. Selain itu, penetapan harga yang tepat juga menjadi faktor kunci dalam menarik pelanggan dan meningkatkan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran digital dan harga terhadap peningkatan pendapatan UMKM di lokasi tersebut. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 83 responden pelaku UMKM yang menggunakan pemasaran secara digital. Kuesioner dirancang untuk mengukur variabel pemasaran digital, harga, dan pendapatan, menggunakan skala Likert. Data yang diperoleh dan dianalisis dengan regresi linier berganda untuk menguji hipotesis, serta dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk memastikan keakuratan instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan UMKM, dengan koefisien regresi 0,546 dan nilai t hitung 3.342 (signifikansi 0,001). Sebaliknya, harga tidak berpengaruh positif signifikan, dengan koefisien regresi 0,162 dan nilai t hitung 0,666 (signifikansi 0,508). Uji simultan (Uji F) menunjukkan bahwa pemasaran digital dan harga secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan, dengan nilai F hitung 5,749 (signifikansi 0,001). Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan bagi pelaku UMKM dalam mengoptimalkan strategi pemasaran digital dan penetapan harga untuk meningkatkan pendapatan mereka.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 28 Jul 2025 02:29
Last Modified: 28 Jul 2025 02:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15841

Actions (login required)

View Item View Item