Siti Khoiriah, (2025) Implementasi pelayanan online melalui muamalat din Dalam rangka meningkatkan loyalitas nasabah pada Bank muamalat kc sumber. Bachelor thesis, S1 - Perbankan Syariah UINSSC.
![]() |
Text
2108203005_1_cover.pdf Download (888kB) |
![]() |
Text
2108203005_2_bab1.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
2108203005_6_bab5.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
2108203005_7_dafpus.pdf Download (294kB) |
Abstract
Bank Muamalat KC Sumber menghadapi tantangan yang cukup signifikan dalam upaya meningkatkan loyalitas nasabah melalui implementasi layanan online Muamalat DIN. Salah satu permasalahan utama yang ada bersumber dari faktor eksternal yang dimana nasabah kerap kali mengalami aplikasi terblokir yang diakibatkan karena lupa kata sandi, PIN (Personal Identification Number) atau TIN (Transaction Identification Number). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara mendalam mengenai implementasi pelayanan online melalui Muamalat DIN, penelitian ini juga mengidentifikasikan faktor penghambat dalam pelaksanaan pelayanan online baik itu dari segi teknis maupun yang berasal dari persepsi nasabah. Selain itu, penelitian ini juga berfokus pada strategi pengembangan pelayanan online yang dilakukan oleh Bank Muamalat KC Sumber dalam rangka meningkatkan loyalitas nasabah. Pada penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang menyajikan data dalam bentuk kata atau gambar dari sumber tertentu. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif, dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan merupakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data peneliti menggunakan teknik mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya implementasi Muamalat DIN terkait dengan aksesibilitas, seperti pembukaan rekening dari rumah, penggunaan fitur transaksi yang menarik dan kemudahan penggunaan yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, implementasi pelayanan online melalui Muamalat DIN telah berjalan dengan maksimal guna memberikan kemudahan kepada nasabah karena memberi kemudahan akses melalui desain yang simpel dan menarik, menyediakan fitur yang sesuai dengan kebutuhan nasabah baik transaksional maupun non-transaksional dan memberikan kemudahan dengan dapat diakses dimanapun dan kapanpun ketika nasabah membutuhkannya. Hambatan yang ditemukan terkait kendala teknis seperti aplikasi yang terblokir, kendala berasal dari faktor eksternal karena nasabah salah memasukkan kata sandi, PIN ataupun TIN. Meskipun demikian, loyalitas nasabah tetap terjaga karena aplikasi Muamalat DIN mempermudah nasabah dalam bertransaksi. Strategi yang digunakan oleh Bank Muamalat KC Sumber seperti edukasi langsung kepada nasabah, pengembangan fitur yang inovatif dan promosi langsung. Strategi pengembangan yang dinilai paling baik dan di adopsi oleh Bank Muamalat KC Sumber ialah promosi secara langsung karena dapat meningkatkan pemahaman dan loyalitas nasabah terhadap pelayanan perbankan online melalui Muamalat DIN.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan online perbankan, Muamalat DIN, Loyalitas Nasabah |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 02:38 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 04:25 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15842 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |