PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI MTs NEGERI CISAAT

RIA YULIASARI, (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI MTs NEGERI CISAAT. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RIA YULIASARI _58461189_ok-min.pdf

Download (636kB) | Preview

Abstract

Guru sebagai pengajar mempunyai peran penting untuk tercapainya tujuan pengajaran di setiap sekolah sebagai lembaga pendidikan. Posisi semacam ini memberikan suatu tanggungjawab untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar mengajar sehingga tercapai suatu hasil yang optimal. Guru harus menyesuaikan model pembelajaran yang akan diterapkan. Pemilihan model pembelajaran harus ditempuh agar terjalinnya interaksi yang menguntungkan, sehingga siswa terlibat langsung pada proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi dan menekankan pada keaktifan siswa dalam pembelajaran sehingga terjadi interaksi multi arah adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) dan tipe STAD (Student Team Achievment Division). Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang menggunakan tipe NHT dengan tipe STAD, 2. Untuk mengetahui manakah hasil belajar biologi yang lebih tinggi, pembelajaran dengan menggunakan teknik NHT atau dengan menggunakan teknik STAD, 3. Untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran kooperatif .Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) dalam artian yang lebih luas adalah belajar bersama yang melibatkan 4-5 orang, yang bekerja bersama dimana tiap anggota bertanggung jawab secara individu sebagai bagian dari hasil. Dengan kata, anggota kelompok saling tergantung secara positif. Terdapat 4 pendekatan yang seharusnya merupakan bagian dari kumpulan strategi guru dalam menerapkan model pembelajran kooperatif. Yaitu STAD, Jigsaw, Investigasi Kelompok ( Tames Games Tournaments atau TGT), dan pendekatan structural yang meliputi Think Pair Share (TPS) dan Number Head Together (NHT). Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) tipe NHT dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) teknik STAD dalam pelajaran biologi dengan nilai Sig. atau Sig. (2-tailed) 0,002 yang berada dibawah 0,05 maka dikatakan nilai tersebut signifikan yang menunjukan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan tipe STAD. Perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) tipe NHT dapat terlihat dari jumlah gain yang diperoleh yaitu 1605.32 dengan meannya 45.87 lebih baik daripada jumlah gain kelompok yang diajarkan dengan pendekatan Cooperative Learning tipe STAD yaitu 1180.98 dengan meannya 33.75. Pendekatan pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) tipe NHT dan STAD merupakan pembelajaran yang baru bagi para siswa, hal ini dibuktikan dari hasil angket yang diberikan, siswa merasa kedua tipe pembelajaran tersebut cukup dapat membantu mereka dalam memahami pelajaran dan mereka cukup menyukai penerapan kedua tipe pembelajaran tersebut dalam pembelajaran biologi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 06:03
Last Modified: 04 Apr 2017 06:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1587

Actions (login required)

View Item View Item