Ika Nurfarikha, (2025) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Grabfood Pada Generasi Z Di Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204031_1_cover.pdf Download (670kB) |
![]() |
Text
2108204031_2_bab1.pdf Download (883kB) |
![]() |
Text
2108204031_6_bab5.pdf Download (685kB) |
![]() |
Text
2108204031_7_dafpus.pdf Download (684kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi pada era globalisasi saat ini semakin berkembang dengan pesat. Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi mengambil peran yang sangat penting karena memudahkan manusia dalam melakukan berbagai aktivitas kehidupan. Pada saat ini dunia mengenal suatu teknologi yang disebut media internet, ketika setiap orang dapat memperoleh dan menyampaikan informasi yang dibutuhkan kapan saja dan ketika dimana saja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Grabfood Pada Generasi Z Di Kabupaten Cirebon. Perkembangan teknologi digital telah mendorong pertumbuhan layanan pesan-antar makanan seperti GrabFood, terutama di kalangan Generasi Z di Kabupaten Cirebon. Namun, tantangan seperti kualitas pelayanan yang kurang optimal, ketidak akuratan navigasi alamat, dan persaingan ketat dengan aplikasi sejenis seperti GoFood memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada responden yang merupakan pengguna layanan GrabFood dari kalangan Generasi Z, menggunakan metode analisis regresi linier berganda, Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian GrabFood; (2) untuk menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian GrabFood; dan (3) untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian GrabFood pada Generasi Z di Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kualitas pelayanan (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), yang dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 1.800 < t tabel 1,985 dan nilai signifikansi sebesar 0,075 > 0,05. Sebaliknya, variabel harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 3.857 > t tabel 1,985 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan, hasil uji F menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung sebesar 18.053 > F tabel 3,09 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa harga memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian, sementara kualitas pelayanan hanya memberikan pengaruh jika dikombinasikan dengan variabel lainnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:58 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:23 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15895 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |