Dhea Nur Cesa, (2025) Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Mikro Kecil Binaan Rumah BUMN Cirebon. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108204203_1_cover.pdf Download (776kB) |
![]() |
Text
2108204203_2_bab1.pdf Download (397kB) |
![]() |
Text
2108204203_6_bab5.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
2108204203_7_dafpus.pdf Download (259kB) |
Abstract
Pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) menghadapi berbagai tantangan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran, seperti rendahnya literasi digital pelaku UMKM, belum optimalnya peran pembinaan Rumah BUMN, serta minimnya adopsi teknologi digital oleh UMKM di Kota Cirebon.. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan strategi yang dilakukan pelaku UMK dan melakukan analisis SWOT terhadap pelaku UMK binaan Rumah BUMN Cirebon dalam meningkatkan penjualan. Jenis penelitian yang digunakan adalah lapangan (field research) dengan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Populasi dari penelitian ini adalah pelaku UMK binaan Rumah BUMN Cirebon. Teknik pengumpulan data dalam penelitan ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi kepada 10 responden yang terdiri dari staf Rumah BUMN Cirebon, mentor digital marketing dan pelaku UMK yang menggunakan teknologi digital dalam kegiatan pemasaran usahanya. Penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan pelaku UMK binaan Rumah BUMN Cirebon dalam menerapkan digital marketing bervariasi, dengan sebagian sudah mulai memanfaatkan media sosial dan marketplace, sementara lainnya masih terkendala literasi digital dan sumber daya. Secara strategis, pelaku usaha berada pada posisi agresif, dengan kekuatan utama berupa fleksibilitas promosi dan peluang jangkauan pasar digital yang luas. Namun, kelemahan dalam analisis performa dan ancaman konsumen yang semakin selektif tetap menjadi tantangan. Strategi yang disarankan mencakup optimalisasi media sosial, peningkatan literasi digital, efisiensi promosi, dan penguatan analisis konten.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:05 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:10 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |