Efektivitas perlindungan hukum terhadap konsumen pada jual beli barang lelang di pt. Pegadaian (persero) cp arjawinangun menurut undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen

Farah azizah arnaz, (2025) Efektivitas perlindungan hukum terhadap konsumen pada jual beli barang lelang di pt. Pegadaian (persero) cp arjawinangun menurut undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Bachelor thesis, S1-Hukum Ekonomi Syariah UINSSC.

[img] Text
2108202099_1_cover.pdf

Download (631kB)
[img] Text
2108202099_2_bab1.pdf

Download (384kB)
[img] Text
2108202099_6_bab5.pdf

Download (186kB)
[img] Text
2108202099_7_dafpus.pdf

Download (249kB)

Abstract

Efektivitas perlindungan hukum terhadap konsumen dalam jual beli barang lelang di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Arjawinangun ini terkait dengan asas kepastian hukum yang berpotensi pelanggaran hak konsumen, seperti kurangnya transparansi informasi tentang barang lelang, ketidaksesuaian barang dengan kondisi yang dijelaskan, dan mekanisme ganti rugi yang belum jelas. Oleh karena itu, pentingnya menjaga hak-hak konsumen agar terhindar dari praktik merugikan, menciptakan kepastian hukum, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan pegadaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pada Jual Beli Barang Lelang Di PT. Pegadaian (Persero) CP Arjawinangun Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Penelitan ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini 1) mekanisme lelang barang di PT. Pegadaian (Persero) CP Arjawinangun melalui tahapan barang gadai jatuh tempo, persetujuan barang gadai yang di lelang, persiapan lelang, pengumuman lelang, pelaksanaan lelang, dan pembayaran lelang, 2) penerapan asas kepastian hukum dalam lelang di PT. Pegadaian (Persero) CP Arjawinangun yang diatur juga dalam peraturan hukum seperti KUHPerdata, Undang-Undang Perlindungan Konsumen, Peraturan Menteri Keuangan, dan SOP internal Pegadaian, 3) upaya hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen jika terjadi pelanggaran yaitu menempuh jalur non-litigasi dan litigasi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, PT. Pegadaian (Persero) CP Arjawinangun, dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Jul 2025 01:29
Last Modified: 29 Jul 2025 01:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15963

Actions (login required)

View Item View Item