Analisis Metode Peramalan Dalam Menyusun Anggaran Penjualan Produk Pada Pt Pg Rajawali Ii Cirebon

Fatur Rochman Sidik, (2025) Analisis Metode Peramalan Dalam Menyusun Anggaran Penjualan Produk Pada Pt Pg Rajawali Ii Cirebon. Bachelor thesis, S1-Akuntansi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108205122_6_bab5.pdf

Download (289kB)
[img] Text
2108205122_7_dafpus.pdf

Download (307kB)
[img] Text
2108205122_2_bab1.pdf

Download (380kB)
[img] Text
2108205122_1_cover.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan peramalan (Forecasting) terhadap anggaran penjualan produk gula pada PT PG Rajawali II. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah PT PG Rajawali II hanya memperkirakan penjualan dengan kebiasaan atau hal yang lumrah terjadi di masa lampau sehingga penjualan gula pada PT PG Rajawali II tidak mencapai Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) akibatnya sering mengalami kekurangan stok gula yang menyebabkan banyak konsumen yang memesan produk gula sebelum tersedianya produk gula. Suatu cara yang sistematis dapat dilakukan untuk membantu tercapainya suatu keputusan yang tepat membantu. Salah satunya adalah dengan mengambil keputusan menggunakan forecasting dengan menggunakan metode forecasting Autoregressive (AR) dan Moving Averrage (MA). Data yang digunakan merupakan data time series selama 35 bulan dari januari 2022 hingga November 2024 dengan total sampel 35. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi. Analisis data menggunakan metode forecasting Autoregressive (AR) dan Moving Averrage (MA) dengan bantuan software statistik Eviews 12. Hasil forecasting penjualan gula menggunakan metode AR untuk periode November 2024 - November 2025 menunjukkan tren yang relatif stabil dengan kenaikan yang sangat kecil. Total kenaikan selama satu tahun hanya sebesar 0,02324 ton (23,24 kg) atau 0,00047%, yang menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan hampir tidak signifikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa model Autoregressive (AR) memberikan hasil peramalan dengan tingkat akurasi terbaik dibandingkan dengan model Moving Averrage (MA). Berdasarkan kriteria seperti nilai R-Squared, Sum Squared Residuals, AIC, dan SIC model ini dapat digunakan sebagai alat bantu pengambilan keputusan dalam menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) khususnya dalam menghadapi fluktuasi permintaan di masa yang akan datang. Dengan demikian penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemilihan model peramalan yang tepat guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas perencanaan pada penjualan produk gula.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Penjualan, Permintaan, Forecasting, Autoregressive, Moving Averrage i
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:07
Last Modified: 29 Jul 2025 02:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15983

Actions (login required)

View Item View Item