Nurul Aulia, (2025) Pengaruh Content Marketing Dan Live Streaming Pada Aplikasi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Fashion Dengan Sistem Pre-Order (Po) (Survey Pada Mahasiswa Uin Siber Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, S1-Akuntansi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108205014_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108205014_2_bab1.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
2108205014_6_bab5.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
2108205014_7_dafpus.pdf Download (341kB) |
Abstract
Akad Istishna atau biasa dikenal dengan sistem pre-order (PO) digunakan dalam jual beli secara online untuk mengukur permintaan pasar serta menghindari produksi yang berlebih atau produk yang belum laku. Namun, sistem pre-order (PO) ini memiliki kelemahan yaitu masa tunggu yang lama, risiko pembeli yang cukup besar seperti barang yang sudah dipesan tidak jadi datang atau bahkan tidak dikirim oleh penjual. Sehingga dari permasalahan tersebut, untuk meningkatkan transparansi serta menciptakan kepercayaan konsumen, penjual dapat melakukan pendekatan dengan konsumen melalui pemasaran digital seperti content marketing yang menarik dan live streaming secara konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel content marketing dan live streaming terhadap keputusan pembelian fashion dengan sistem pre-order (PO). Jenis penelitian ini adalah asosiatif kausal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu sampling purposive dengan jumlah sampel 202 responden. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis dekriptif, uji instrumen berupa uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2) serta uji hipotesis berupa uji-t (parsial) dan uji-f (simultan) dengan menggunakan IBM SPSS Statistics versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial variabel content marketing terhadap keputusan pembelian fashion dengan sistem pre-order (PO) dengan nilai Thitung > Ttabel (3.184 > 1.97196) dan nilai signifikansinya sebesar 0.002 < 0.05, terdapat pengaruh secara parsial variabel live streaming terhadap terhadap keputusan pembelian fashion dengan sistem pre-order (PO) dengan nilai Thitung > Ttabel (4.691 > 1.97196) dan nilai signifikansinya sebesar 0.000 < 0.05. Secara simultan, variabel content marketing dan live streaming bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian fashion dengan sistem pre-order (PO) dengan kontribusi sebesar 35.2% sedangkan sisanya 64.8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Content Marketing, Live Streaming Dan Keputusan Pembelian Fashion Dengan Sistem Pre-Order (PO) |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:37 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16013 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |