Saeful Ahmad Jelani, (2025) Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Corporate Social Responsibillity Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2019-2023). Bachelor thesis, S1-Akuntansi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108205129_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108205129_2_bab1.pdf Download (475kB) |
![]() |
Text
2108205129_6_bab5.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
2108205129_7_dafpus.pdf Download (281kB) |
Abstract
Pertumbuhan perusahaan pada era globalisasi berkembang sangat pesat dengan ditandai banyaknya perusahaan baru yang bermunculan dan menjadikan persaingan antar perusahaan semakin ketat. Sehingga para investor akan dihadapkan pada banyak pilihan dalam pengambilan keputusannya. Nilai perusahaan menjadi salah satu hal yang dapat dipertimbangkan oleh investor dalam berinvestasi. Dibalik perkembangan dan kontribusi yang diberikan perusahaan pertambangan, Permasalah yang terjadi pada perusahaan pertambangan karena didapatkan adanya perusahaan yang tidak peduli pada lingkungan dan tidak merealisasikan dana Corporate Social Responsibillity dan nilai perusahaan juga mengalami fluktuasi setiap tahunnya sehingga mempengaruhi pendapatan yang diterima. Meningkatnya persaingan dipasar domestic maupun internasional menuntut para pelaku usaha untuk memperhatikan kinerja keuangan dan operasionalnya. Nilai Perusahaan menjadi salah satu yang dapat dipertimbangkan oleh investor untuk berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan Corporate Social Responsibillity berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis data sekunder menggunkan teknik pengumpulan data melalui teknik dokumentasi dan library research dengan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan (annual report) yang telah dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia atau situs website perusahan terkait. Populasi pada penelitian ini sebanyak 64 perusahaan. Sampel yang digunakan 12 perusahaan dengan data sejumlah 60. Teknik dalam pengambilan sampel ialah purposive sampling. Data dianalisis menggunakan aplikasi Statistical and Service Soution (SPPS) versi 30. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Corporate Social Responsibillity berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Corporate Social Responsibillity secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebesar 25,7%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Corporate Social Responsibillity, Nilai Perusahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:30 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 04:30 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16049 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |