STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII MAN 4 CIREBON

Faizatul Mumtaza, (2025) STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII MAN 4 CIREBON. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.

[img] Text
2108306001_1_cover.pdf

Download (941kB)
[img] Text
2108306001_2_bab1.pdf

Download (271kB)
[img] Text
2108306001_6_bab5.pdf

Download (33kB)
[img] Text
2108306001_7_dafpus.pdf

Download (262kB)

Abstract

Di era global yang kompetitif, individu berpendidikan tinggi berpeluang memperoleh pekerjaan layak dibanding tamatan dibawahnya. Melalui perguruan tinggi, individu mendapat bekal untuk menjadi tenaga kerja berkualitas. Kenyataannya banyak siswa SMA yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, sebagaimana yang terjadi di MAN 4 Cirebon. Guru BK perlu menyusun strategi dalam mengatasi permasalahan tersebut. Pertanyaan penelitian ini : A. Bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling pada siswa kelas XII di MAN 4 Cirebon? B. Bagaimana minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII MAN 4 Cirebon? C. Bagaimana strategi guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan minat melanjutkan pendidikan pada siswa kelas XII MAN 4 Cirebon?. Tujuan penelitian ini : (1) mengetahui pelaksanaan bimbingan dan konseling pada siswa kelas XII di MAN 4 Cirebon, (2) menganalisis minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII MAN 4 Cirebon, (3) memahami strategi yang di lakukan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII MAN 4 Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini (1) pelaksanaan layanan BK pada siswa kelas XII fokus pada proses bantuan dalam mempersiapkan masa depannya, terdiri dari layanan dasar, responsif, perencanaan individual dan dukungan sistem (2) minat siswa kelas XII MAN 4 lebih dominan dipengaruhi aspek afektif, mencakup sikap teman sebaya dan dukungan orang tua (3) strategi guru BK dalam meningkatkan minat siswa yaitu melalui konseling individual, bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konsultasi, pembekalan perguruan tinggi pada orang tua, kampus exfo, dan menaikan KKM

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 29 Jul 2025 07:45
Last Modified: 29 Jul 2025 07:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16107

Actions (login required)

View Item View Item