Jalil Ludin, (2025) Analisis Kinerja Shopee Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Pieces Framework. Bachelor thesis, S1-Akuntansii Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108205082_1_cover.pdf Download (577kB) |
![]() |
Text
2108205082_2_bab1.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
2108205082_6_bab5.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
2108205082_7_dafpus.pdf Download (178kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja sistem aplikasi e-commerce Shopee terhadap kepuasan pelanggan dengan menggunakan metode PIECES Framework. PIECES merupakan akronim dari enam aspek utama yang menjadi indikator evaluasi sistem informasi, yaitu: Performance (kinerja), Information (informasi), Economy (aspek ekonomi), Control (pengendalian), Efficiency (efisiensi), dan Service (pelayanan). Perkembangan teknologi informasi telah mendorong pertumbuhan e-commerce secara pesat di Indonesia. Shopee sebagai salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia terus melakukan inovasi guna meningkatkan kinerja sistem dan kepuasan pelanggan. Persaingan antar platform e-commerce di Indonesia yang memacu perusahaan untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas sistem dan layanan guna menjaga loyalitas pelanggan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada pengguna aktif aplikasi Shopee. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, serta analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh masing-masing aspek PIECES terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh aspek dalam PIECES Framework berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan aspek Service (pelayanan) menjadi faktor yang paling dominan. Temuan ini menegaskan pentingnya optimalisasi kualitas layanan bagi perusahaan e-commerce seperti Shopee. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peningkatan kinerja sistem aplikasi, khususnya pada aspek pelayanan, sangat diperlukan untuk mempertahankan serta meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan di tengah ketatnya persaingan pasar digital.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords : Customer Satisfaction, Shopee, PIECES Framework. |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 07:48 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 07:48 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16108 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |