MELIA AGUSTIN, (2025) IMPLEMENTASI TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 08 CIREBON. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
2008306179_1_cover.pdf Download (699kB) |
![]() |
Text
2008306179_2_bab1.pdf Download (465kB) |
![]() |
Text
2008306179_6_bab5.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text
2008306179_7_dafpus.pdf Download (316kB) |
Abstract
Manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan senantiasa membutuhkan interaksi dengan sesama. Dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam dunia pendidikan, interaksi sosial menjadi faktor penting yang memengaruhi perkembangan kepribadian dan kemampuan beradaptasi peserta didik. Masa remaja merupakan fase penting dalam membentuk jati diri, di mana peserta didik mulai mencari pengakuan sosial melalui interaksi dengan teman sebaya.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada tiga yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analis data yang digunakan menggunakan teori Sugiyono, yang terdiri dari beberapa langkah-langkah yaitu : pengumpulan data, reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi teknik bermain peran (role playing) terbukti efektif dalam meningkatkan interaksi sosial peserta didik. Teknik ini tidak hanya membantu peserta didik mengatasi hambatan dalam berkomunikasi, seperti rasa takut, dan kurangnya percaya diri. Tetapi juga mengembangkan kemampuan emosional, empati, dan kerjasama. Melalui pendekatan konseling kelompok ini, guru BK lebih mudah untuk menganalisis dinamika sosial dikelas. Demikian role playing menjadi metode belajar yang menyenangkan dan efesien.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 02:39 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 02:39 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16145 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |