Najwa Nabihah, (2025) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM PENGUATAN EDUKASI ANTI PERUNDUNGAN PADA SISWA DI MTS NEGERI 1 KARAWANG. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
2008306148_1_cover.pdf Download (600kB) |
![]() |
Text
2008306148_2_bab1.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text
2008306148_6_bab5.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
2008306148_7_dafpus.pdf Download (268kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku perundungan di lingkungan sekolah, khususnya di MTs Negeri 1 Karawang. Pihak sekolah mengungkapkan bahwa tingkat keparahan perundungan berada pada kategori sedang dan dinilai masih dalam batas yang dapat ditangani. Perilaku perundungan yang terjadi meliputi perundungan verbal, fisik, dan cyber bullying yang dapat memunculkan dampak serius terhadap kondisi mental dan sosial siswa. Intervensi yang dilakukan dalam menangani perundungan tersebut yaitu dengan menerapkan layanan bimbingan kelompok yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai anti perundungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis gambaran perilaku perundungan pada siswa yang terjadi di MTs Negeri 1 Karawang, menganalisis layanan bimbingan kelompok dalam penguatan edukasi anti perundungan pada siswa di MTs Negeri 1 Karawang, serta menganalisis implementasi layanan bimbingan kelompok dalam penguatan edukasi anti perundungan pada siswa di MTs Negeri 1 Karawang. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru BK, guru wali kelas, serta siswa kelas VII dan VIII yang memiliki keterkaitan langsung dengan kasus perundungan, baik sebagai pelaku maupun korban. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi layanan bimbingan kelompok dalam penguatan edukasi anti perundungan di MTs Negeri 1 Karawang terbukti dapat menguatkan pemahaman pada diri siswa terhadap anti perundungan. Hal ini mengindikasikan bahwa layanan bimbingan kelompok berhasil mengarahkan siswa pada sikap yang lebih adaptif dan mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang aman dari perundungan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:24 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:24 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16156 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |