IMPLEMENTASI COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY DALAM MENGATASI KETERGANTUNGAN TIKTOK PADA SISWA DI SDIT NUSANTARA KABUPATEN INDRAMAYU

SAIFUL NASHIRUDDIN, (2025) IMPLEMENTASI COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY DALAM MENGATASI KETERGANTUNGAN TIKTOK PADA SISWA DI SDIT NUSANTARA KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.

[img] Text
2008306139_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008306139_2_bab1.pdf

Download (219kB)
[img] Text
2008306139_6_bab5.pdf

Download (28kB)
[img] Text
2008306139_7_dafpus.pdf

Download (103kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat saat ini, terutama media sosial seperti TikTok, memberikan dampak signifikan bagi generasi Z, termasuk siswa di SDIT Nusantara. Meskipun TikTok memiliki manfaat, ketergantungan yang tinggi terhadap aplikasi ini dapat merusak perkembangan siswa, terlihat dari penurunan prestasi akademik dan dampak emosional seperti stres dan kemarahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi ketergantungan TikTok, menganalisis dampak Cognitive Behavior Therapy (CBT) dalam menurunkan ketergantungan, serta mendokumentasikan tahapan implementasi terapi. Menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data seperti observasi dan wawancara, hasil penelitian menunjukkan bahwa CBT efektif dalam mengurangi ketergantungan TikTok. Setelah terapi, siswa menunjukkan perubahan positif dalam pengelolaan waktu, peningkatan kualitas belajar, dan keterampilan sosial. Kerja sama antara guru dan orang tua juga berperan penting dalam mencapai hasil yang diinginkan, termasuk merubah pola pikir negatif dan meningkatkan semangat belajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:40
Last Modified: 30 Jul 2025 06:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16173

Actions (login required)

View Item View Item