Sayyida Zakiya Ramdhan, (2025) PERAN PEMBIMBING KEAGAMAAN DALAM MENUMBUHKAN KONTROL DIRI TERHADAP MINAT BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) PADA MAHASANTRI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN SIBER SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.
![]() |
Text
2108306065_1_cover.pdf Download (887kB) |
![]() |
Text
2108306065_2_bab1.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
2108306065_6_bab5.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
2108306065_7_dafpus.pdf Download (273kB) |
Abstract
Minat baca tulis Al-Qur’an tidak serta-merta hadir, melainkan tumbuh melalui proses pembinaan yang konsisten dan mendalam. Penelitian ini bertujuan mengkaji kontribusi pembimbing keagamaan dalam membentuk kontrol diri mahasantri yang berpengaruh terhadap keterlibatan mereka dalam kegiatan baca tulis Al-Qur’an (BTQ) di Ma’had Al-Jami’ah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Fenomena rendahnya minat sebagian mahasantri terhadap BTQ, meskipun berada di lingkungan keagamaan yang intensif, menunjukkan adanya tantangan dalam aspek motivasi dan pembinaan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari empat mahasantri sebagai informan utama dan empat pembimbing (musyrifah) sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Data dianalisis secara interaktif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembimbing keagamaan memiliki peran penting dalam menumbuhkan kontrol diri mahasantri melalui strategi keteladanan, pendekatan afektif, serta penguatan spiritual. Minat terhadap BTQ berkembang seiring dengan suasana halaqah yang mendukung, relasi yang terbuka antara pembimbing dan mahasantri, serta pengalaman emosional dan religius yang positif. Peran pembimbing terbukti mampu mendorong perubahan dari motivasi eksternal menjadi motivasi internal, yang membuat mahasantri lebih konsisten dan berkomitmen dalam kegiatan BTQ.Temuan ini memperkuat teori kontrol diri Baumeister & Tierney, teori minat belajar Schiefele, serta teori motivasi dan kebutuhan dasar dari Ryan & Deci. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas pembimbing keagamaan agar mampu mengembangkan pendekatan pembinaan yang reflektif, empatik, dan transformatif dalam membina literasi Al�Qur’an di kalangan mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 06:42 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 06:42 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |