UPAYA PENGEMBANGAN BAHASA LISAN MELALUI METODE PERCAKAPAN UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DI TK BINA INSAN KAMIL DESA ERETAN KULON INDRAMAYU

Widiatul Innasi, (2025) UPAYA PENGEMBANGAN BAHASA LISAN MELALUI METODE PERCAKAPAN UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DI TK BINA INSAN KAMIL DESA ERETAN KULON INDRAMAYU. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.

[img] Text
1908306061_1_cover.pdf

Download (545kB)
[img] Text
1908306061_2_bab1.pdf

Download (266kB)
[img] Text
1908306061_6_bab5.pdf

Download (150kB)
[img] Text
1908306061_7_dafpus.pdf

Download (174kB)

Abstract

Bahasa lisan adalah suatu proses yang efektif, dengan keterampilan ini manusia dapat menyampaikan berbagai macam informasi (fakta, peristiwa, gagasan, ide, tanggapan, dan sebagainya) dalam bentuk ucapan. Ada keuntungan-keuntungan yang didapat dari melatih berbahasa lisan, seperti mengurangi rasa gugup, melatih ekspresi dan memupuk rasa percaya diri. Namun, realita di lapangan tidak menunjukkan ungkapan tersebut. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa kelas A dalam berbahasa lisan dengan metode bercakap-cakap. Juga, berupaya untuk mengambangkan bahasa lisannya agar dapat berkomunikasi dan meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas A di TK Bina Insan Kamil. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan studi kasus. Dikarenakan data-data yang diperoleh dari lapangan berupa kata-kata, gambar, dan bukan menggunakan angka. Data-data tersebut diperoleh melalui sebagaian besar menggunakan metode observasi dan wawancara. Untuk analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkam bahwa mengupayakan perkembangan bahasa lisan anak tidak bisa dilakukan secara instan. Dibutuhkan banyak metode yang bervariasi dan pemberian rangsangan guna mendorong perkembangan siswa. Dukungan dari berbagai pihak, terutama orang tua dan guru juga berperan penting dalam pencapaian tahap perkembanga yang seharusnya. Adapun salah satu caranya dengan menggunakan metode percakapan yang bisa direapkan kepada siswa. Jika perkembangan bahasa lisannya sudah sesuai dengan aspek-aspek bahasa lisan, akan berdampak baik bagi anak tersebut. Anak akan memiliki tingkat kepercayaan diri yang baik, lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan dapat menyampaikan ide, gagasan dan pendapatnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Jul 2025 03:20
Last Modified: 31 Jul 2025 03:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16236

Actions (login required)

View Item View Item