EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF�MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 CILIMUS KUNINGAN

Alya Nurkhalizah, (2025) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF�MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 CILIMUS KUNINGAN. Bachelor thesis, SI- Bimbingan Konseling Islam UINSSC.

[img] Text
2108306132_1_cover.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2108306132_2_bab1.pdf

Download (418kB)
[img] Text
2108306132_6_bab5.pdf

Download (355kB)
[img] Text
2108306132_7_dafpus.pdf

Download (292kB)

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda penyelesaian tugas yang dapat berdampak negatif terhadap pencapaian akademik siswa. Perilaku ini dapat disebabkan oleh pola pikir, kebiasaan, serta trait kepribadian siswa (Ferrari, 1995). Salah satu pendekatan untuk mengatasi masalah ini adalah teknik self-management, yaitu kemampuan individu dalam mengelola pikiran, emosi, dan perilaku secara mandiri untuk mencapai tujuan tertentu. Teknik ini dapat diterapkan melalui layanan konseling kelompok, yaitu proses pemberian bantuan dalam suasana kelompok kecil yang terbuka dan saling mendukung, dengan tujuan mendorong perubahan perilaku ke arah yang lebih positif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi profil prokrastinasi akademik siswa kelas VIII di SMPN 3 Cilimus; (2) merancang layanan konseling kelompok dengan teknik self-management yang sesuai dengan kebutuhan siswa; dan (3) mengetahui efektivitas layanan tersebut dalam mereduksi prokrastinasi akademik. Penelitian menggunakan metode quasi experimental dengan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 3 Cilimus sebanyak 101 siswa. Sampel dipilih dari kelas dengan skor prokrastinasi akademik tertinggi. Penelitian ini mengacu pada Prayitno (1995) yang menyatakan bahwa jumlah ideal anggota konseling kelompok berkisar antara 6 hingga 10 orang, demi menjaga efektivitas dinamika kelompok dan keterlibatan aktif peserta. Hasil uji Independent Samples T-test menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05), yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol setelah intervensi. Hasil uji N-gain menunjukkan efektivitas pada kategori sedang. Dengan demikian, layanan konseling kelompok dengan teknik self-management cukup efektif dalam mereduksi prokrastinasi akademik siswa kelas VIII di SMPN 3 Cilimus

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Jul 2025 04:24
Last Modified: 31 Jul 2025 04:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16275

Actions (login required)

View Item View Item